Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
FAKTOR PEMICU PEMBELIAN
IMPULSIF ONLINE PADA
PEMBELIAN DIGITAL DALAM GAME
MOBA SERTA DAMPAKNYA
TERHADAP PENYESALAN PEMBE...
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Skripsi

Faktor Pemicu Pembelian Impulsif Online Pada Pembelian Digital dalam Game MOBA Serta Dampaknya Terhadap Penyesalan Pembelian Pada Gen Z di JABODETABEK

The Drivers of Online Impulse Buying for In-Game Purchases in MOBA Games and Its Impact on Purchase Regret Among Gen Z in JABODETABEK

Mirzan Muhammad Husen - ; Ira Iriyanty (Pembimbing/Promotor) - ; Sri Rahayu Hijrah Hati (Penguji) - ; Yeshika Alversia (Penguji) - ;

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor psikologis yang memengaruhi pembelian impulsif online dalam game Multiplayer Online Battle Arena (MOBA), serta dampaknya terhadap penyesalan pembelian (purchase regret) di kalangan Generasi Z di Jabodetabek. Fenomena pembelian impulsif semakin meningkat seiring perkembangan ekosistem game digital berbasis freemium yang mendorong pemain untuk membeli item digital secara spontan. Penelitian ini menguji pengaruh Perceived Playfulness, Customer Innovativeness, Product Involvement, Self-Image Congruence, dan Self-Gratification terhadap Online Impulse Buying, serta dampaknya terhadap Purchase Regret. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan Structural Equation Modeling (SEM-PLS). Data dikumpulkan melalui kuesioner online dari 295 responden Gen Z di Jabodetabek yang aktif bermain game MOBA dan pernah melakukan pembelian digital secara impulsif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perceived Playfulness, Customer Innovativeness, dan Self-Image Congruence berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif online, sementara Product Involvement dan Self-Gratification tidak signifikan. Selain itu, pembelian impulsif online terbukti berpengaruh terhadap penyesalan pembelian.Temuan ini memberikan kontribusi bagi pengembangan model perilaku konsumen digital serta implikasi bagi pengembang dan pemasar game untuk menyusun strategi komunikasi yang etis dan berorientasi pada pengalaman pemain.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 15514PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekOnline Impulse Buying
Gen Z
In-App Purchase
Purchase Regret
Perceived Playfulness
Customer Innovativeness
MOBA Games
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiii, 113 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?