Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
NIAT BERPINDAH NASABAH BANK
KONVENSIONAL KE BANK SYARIAH
DENGAN PENDEKATAN TEORI
PUSH-PULL-MOORING
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Skripsi

Niat Berpindah Nasabah Bank Konvensional ke Bank Syariah dengan Pendekatan Teori Push-Pull-Mooring

Conventional Banks’ Customer’s Intention to Switch to Islamic Banks: A Push-Pull-Mooring Theory Approach

Faisal Yusuf Baskoro - ; Agung Nugroho (Pembimbing/Promotor) - ; Karto Adiwijaya (Penguji) - ; Ira Iriyanty (Penguji) - ;

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi niat perpindahan nasabah dari bank konvensional ke bank syariah di wilayah Jabodetabek dengan menggunakan pendekatan teori Push-Pull-Mooring (PPM). Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif melalui metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM), dan melibatkan responden Muslim yang memiliki pengalaman menggunakan layanan bank konvensional. Variabel yang dianalisis meliputi keterpercayaan, nilai yang dipersepsikan, serta kepuasan pelanggan sebagai faktor pendorong (push), daya tarik penyedia jasa alternatif sebagai faktor penarik (pull), dan norma subjektif serta tingkat religiusitas sebagai faktor penghambat atau pendukung (mooring). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterpercayaan, nilai yang dipersepsikan, dan kepuasan pelanggan tidak memiliki pengaruh secara signifikan terhadap niat berpindah nasabah. Sebaliknya, daya tarik bank syariah, norma subjektif dari lingkungan sosial, serta tingkat religiusitas nasabah terbukti secara signifikan meningkatkan niat untuk beralih. Penelitian ini memperluas pemahaman teoritis mengenai model PPM dalam konteks keuangan syariah serta memberikan kontribusi praktis bagi lembaga perbankan syariah dan regulator dalam menyusun strategi pemasaran yang edukatif, relevan, dan sesuai dengan nilai-nilai religius masyarakat Muslim.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 15970PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Bisnis Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekPerceived value
Islamic banking
Customer Satisfaction
Trust
Religiosity
Switching Intention
push-pull-mooring
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiii, 108 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?