Text
Strategi pemasaran pada hypermarket : Studi kasus Giant Hypermarket
Keadaan bisnis ritel Indonesia mengalami perubahan yang drastis sejak krisis ekonomi. Akibat krisis maka IMF harus turun tangan untuk membantu Indonesia dalam proses pemulihan setelah krisis. Alhasil, ditandatanganinya butir kesepakatan yang tertuang dalam Letter of Intent. Kesepakatan itu memberikan dampak yang signifikan bagi dunia ritel. Ini terlihat dengan munculnya SK Menneg Investasi/Kepala BKPM Nomor 29/SK/1998 yang memberi peluang seluas-luasnya bagi peritel asing untuk masuk Indonesia. Ada empat pemain asing yang masuk pertama kali ke Indonesia, yaitu: Carrefour, Continent, Delhaize Le Lion dan Diary Farm. Namun dari keempat ritel tersebut hanya satu yang masih bertahan dan perlahan mulai menggerogoti peritel lokal, yaitu Carrefour. Hero sebagai pemain lokal tidak tinggal diam. Dengan menggandeng Diary Farm, Hero mencoba menahan laju Carrefour dengan membuka gerai dengan konsep yang sama (hypermarket) yang diberi nama Giant. Topik ini diangkat untuk melihat strategi pemasaran Giant dan menganalisanya dari perilaku konsumen dan manajemen ritel. Hasil studi menunjukkan bahwa dari segi awareness Giant masih berada dibawah Carrefour. Selain itu atribut-atribut bauran ritel yang dianggap penting oleh konsumen secara berurutan adalah harga, kenyamanan, kelengkapan produk dan lokasi gerai. Saran yang diajukan untuk pihak perusahaan Giant adalah sebagai berikut: Memantapkan strategi bauran ritelnya agar konsumen yang ada bisa dipuaskan. Perlu adanya pengalokasian sumber daya yang tepat untuk menopang strategi bauran ritel perusahaan. Penelitian ini masih memiliki banyak kekurangan yang disebabkan oleh adanya keterbatasan-keterbatasan dalam pelaksanaannya. Untuk penelitian selanjutnya dengan topik yang sama, mungkin dapat dilakukan studi perbandingan antar gerai hypermarket, sehingga dapat dilihat pada atribut mana suatu gerai mempunyai keunggulan dan kekurangan.Ada tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
5005 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia., 2004 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Marketing Marketing strategy Hypermarket |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | xiii, 87 p. : diagr. ; 30 cm |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |