Text
Analisa segmentasi psikografi (psychographic segmentation) berdasarkan sikap konsumen terhadap atribut AIO (activities, interest and opinion) : studi kasus konsumen pria produk pembersih wajah di Jakarta
Latar belakang penelitian ini adalah adanya perubahan budaya secara global yang turut mempengaruhi pola pikir masyarakat lokal Indonesia meski baru dalam tahap tertentu saja. Salah satu bentuk perubahan budaya adalah kesadaran pria akan arti penting sebuah penampilan. Tidak dapat dipungkiri bahwa sebagai wanita pun kita juga mendambakan laki-laki yang penampilannya enak di pandang mata dan kita merasa nyaman dekat dengannya. Kesadaran akan hal ini juga disadari oleh kaum adam tersebut dimana dalam bersosialisasi kita tidak dapat menghindari arti penting sebuah penampilan. Karena penampilan itu akan menyampaikan sebuah pesan tertentu kepada orang yang melihatnya sehingga menghasilkan suatu persepsi. Dalam berkompetisi di dunia bisnis tidak hanya otak dan otot yang dipergunakan namun daya tarik atau pesona fisik pun menjadi penilaian. Terjadi keragaman akan kebutuhan berpenampilan di kalangan pria, dari hanya sekedar membersihkan wajah dan tubuh dengan sabun hingga ke tingkat yang lebih tinggi yaitu timbulnya obsesi akan penampilan prima mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki yang dikenal dengan nama pria metroseksual. Kebutuhan akan berpenampilan yang baik membutuhkan produk yang sesuai dan dapat memenuhi harapan dan keinginannya. Secara fisik struktur dan komposisi tubuh wanita dan pria memang berbeda sehingga produk yang dibutuhkannnya pun berbeda tidak terkecuali untuk produk perawatan tubuh. Jika dulu produk kosmetik hanya ditujukan pada wanita tetapi sekarang juga mulai marak tampil di pasar produk kosmetik yang ditujukan untuk pria. Masih besarnya peluang pasar pembersih wajah terutama untuk konsumen pria membuat produsen harus secara aktif dan kreatif memenuhi peluang pasar tersebut. Penciptaan produk yang tepat dan sesuai dengan keinginan pasar adalah keinginan tiap produsen. Salah satu cara untuk dapat mengetahui karakteristik pasar dan keinginanya adalah dengan melakukan segmentasi pasar. Dengan segmentasi ini selain dapat mengetahui karakteristik pasar, produsen juga dapat merancang program-program pemasaran yang sesuai dengan segmen yang akan dilayani. Segmentasi yang dilakukan tidak cukup jika hanya dari sudut pandang demografis, pendekatan psikografis dibutuhkan untuk dapat menajamkan pengetahuan produsen tentang konsumennya, sehingga dapat dibuat strategi-strategi pemasaran yang efektif. Salah satu alat yang dapat membuat segmentasi berdasarkan psikografi khususnya AIO yang telah lama digunakan sebagai dasar penelitian segmentasi psikografis. Penelitian dilakukan dengan mengambil sampel dari 5 lokasi di Jakarta yaitu Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan dan Jakarta Utara sebanyak 100 responden dengan jenis kelamin pria. Dari hasil penelitian tersebut didapat 2 segmen dengan karakteristik yang berbeda-beda secara psikografis, behavioral dan demografi. Dengan hasil segmentasi ini maka penulis memberikan saran dan rekomendasi bagi strategi komunikasi pemasarannya untuk para produsen produk pembersih wajah yang ingin membidik pangsa pasar pria.Ada tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
5245 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia., 2006 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Cosmetics industry Market segmentation Consumer attitudes |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | ix, 110 p., 38 p. ; 30 cm & lamp. |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |