Text
Pengaruh preferensi merek terhadap keputusan pembelian konsumen sepatu olahraga di Jakarta dan sekitarnya : studi kasus sepatu olahraga Adidas
Pada dasarnya setiap orang menghendaki agar kebutuhan dan keinginannya dapat terpenuhi. Untuk itulah ?pemasaran? ada dan tercipta. Pemasaran adalah sebuah proses sosial dimana tiap individu maupun kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan apa yang mereka inginkan melalui pengadaan, penawaran, dan pertukaran nilai barang dan jasa diantara sesamanya. Dalam melakukan pembelian, seringkali kita menemukan kata atau pernyataan ?Saya lebih suka merek ini?, atau ?merek ini lebih bagus?. Kata atau pernyataan ini adalah sebuah pernyataan mengenai preferensi merek. Preferensi merek, berasal dari kata prefer yang artinya lebih memilih atau lebih menyukai sesuatu, sebenarnya merupakan hasil dari sebuah proses evaluasi atas alternatif merek-merek dalam suatu jenis kategori produk tertentu. Dengan memberikan preferensi terhadap suatu merek tertentu, berarti seorang konsumen menyukai merek tersebut dan cenderung akan memilih merek tersebut dalam pengambilan keputusan pembeliannya jika tidak ada faktor-faktor lain yang cukup signifikan yang dapat mengalihkannya ke merek yang lainnya. Pembentukan preferensi adalah suatu tahapan yang mesti dilalui konsumen menuju proses pembeliannya. Seringkali kita temui ada beberapa merek produk yang dipreferensikan cukup tinggi, namun tidak diikuti dengan respon pembelian yang tinggi pula. Bagaimana fenomena hubungan antara preferensi merek dan keputusan pembelian menjawab semua ini? Atas dasar inilah penulis mengangkat tema ini. Dalam kategori produk sepatu olahraga, Adidas merupakan salah satu produsen sepatu olahraga terkemuka di dunia disamping Nike, Reebok, dan Puma. Di Indonesia sendiri, Adidas telah mengukuhkan mereknya sebagai merek yang paling menjadi pertimbangan konsumen sepatu olahraga dengan meraih berbagai penghargaan mengenai merek dan kepuasan konsumen. Nantinya penulis akan meneliti pengaruh preferensi merek konsumen sepatu olahraga terhadap keputusan pembeliannya. Secara khusus, penulis akan meneliti tingkat preferensi terhadap merek Adidas dan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian konsumennya. Pada akhirnya penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan berharga bagi para pembaca, khususnya mengenai strategi pengembangan merek dalam upaya suatu produk memenangkan persaingan di era kompetisi yang sedemikian ketat seperti saat ini.Ada tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
5246 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia., 2006 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Shoe industry Consumer choice Brand names |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | xiii, 139 p., 21 p. : diagr. ; 30 cm. |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |