Text
Analisis faktor sosial-budaya terhadap keputusan pembelian cairan pembersih tangan antiseptik
Sebuah inovasi telah muncul dari produk toiletries beberapa tahun silam, yaitu produk cairan pembersih tangan antiseptik. Meskipun pada awalnya sempat diragukan karena komposisi bahan kimia yang dikandungnya, namun hingga kini produk tersebut tetap eksis di pasar. Eksistensi suatu produk di pasar tentunya tak lepas dari kejelian pihak perusahaan melancarkan usaha bauran pemasaran kepada konsumen, apalagi mengingat bahwa produk cairan pembersih tangan antiseptik termasuk dalam kategori convenience product dengan proses pembelian yang sifatnya low-involvement purchase. Selain bauran pemasaran, ada faktor eksternal lain yang perlu diperhatikan oleh para marketer yaitu faktor lingkungan sosial-budaya. Hal inilah yang menarik dan diangkat dalam penelitian ini, yaitu mengenai analisis terhadap faktor sosial-budaya yang berperan penting dalam mempengaruhi keputusan pembelian terhadap cairan pembersih tangan antiseptik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui faktor sosial-budaya yang berperan penting dalam keputusan pembelian yang dilakukan konsumen dan mengetahui perilaku pembelian konsumen terhadap cairan pembersih tangan antiseptik. Dalam penelitian ini dilakukan riset deskriptif terhadap 150 responden yang berdomisili di DKI Jakarta dan merupakan buyer sekaligus user dari cairan pembersih tangan antiseptik. Data primer yang diperoleh dianalisa menggunakan statistical tools yaitu frekuensi, deskriptif ? average total score, cross-tabulation serta korelasi. Dari hasil analisis ditemukan bahwa faktor budaya memiliki peranan penting dalam mempengaruhi keputusan pembelian terhadap cairan pembersih tangan antiseptik. Hal ini dikarenakan budaya adalah sesuatu yang masih dijunjung tinggi oleh masyarakat. Perilaku pembelian terhadap produk ini tergolong positif karena 76% responden melakukan repeat purchase, namun responden bersikap indifferent terhadap merek. Sehingga disarankan perusahaan melakukan positioning berdasarkan unique product feature agar terlihat unggul dan berbeda dari pesaingnya di mata konsumen. Ada tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
5247 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia., 2005 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Consumer behaviour Buying |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | xi, 125 p. : diagr. ; 30 cm. |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |