Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
No image available for this title

Text

Analisis proses pengambilan keputusan konsumen dalam pembelian Skin-Whitening Products

Dwi Widiastri (Pembimbing/Promotor) - ; Marly, Fransiska Adelina - ;

Skin-whitening products berkembang pesat di wilayah Asia termasuk di Indonesia. Ini ditunjukkan dengan adanya produk whitening di antara berbagai lini produk yang dimiliki oleh hampir semua produsen produk kecantikan, serta angka penjualan skin-whitening products itu sendiri yang makin meningkat. Makin banyaknya wanita Asia yang berpandangan bahwa cantik diasosiasikan dengan memiliki kulit putih juga menambah fenomena ini. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui berbagai hal yang menjadi alasan wanita membeli skin-whitening products serta menggali faktor pendorong yang paling signifikan dibalik alasan pembelian tersebut. Untuk itu penelitian ini menggunakan salah satu model dalam perilaku konsumen yaitu consumer decision making process, dimana ada dua kelompok faktor pendorong (dalam model ini disebut faktor input) yang mempengaruhi konsumen dalam keputusan pembelian yaitu bauran pemasaran dan lingkungan sosiokultural. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah riset eksploratif dengan studi pustaka atau literatur serta informasi dari internet, serta riset deskriptif kuantitatif dengan survey. Target populasi adalah wanita yang pernah atau masih menggunakan skin-whitening products, ukuran sampel sebanyak seratus orang, dan internet sebagai sarana penyebaran kuesioner. Data dianalisis dengan analisis korelasi untuk mengetahui hubungan antara berbagai variabel. Dari hasil penelitian diketahui bahwa sebagian wanita membeli skin-whitening products karena merasa cocok dan ada hasil signifikan dari produk, sedangkan sebagian lagi beralasan bahwa produk cocok namun belum atau tidak ada hasil yang signifikan. Dari hasil analisis juga diperoleh adanya hubungan antara beberapa atribut bauran pemasaran (yaitu : wangi produk, iklan, kemudahan dalam lokasi dan tempat penjualan produk, harga yang bersaing) dan lingkungan sosiokultural (yaitu : informasi dari radio dan televisi) dengan keputusan pembelian skin-whitening products. Seluruh hubungan yang ada bernilai negatif.Ada tabel


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
5266PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia 2006
Edisi-
SubjekConsumer behaviour
Cosmetics industry
Decesion making
ISBN/ISSN-
Klasifikasi-
Deskripsi Fisikxi, 146 p. : diagr. ; 30 cm.
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?