Text
Analisis psikografi dan peta persepsi merek perokok SKT dan SPM Sampoerna
Industri rokok sampai saat ini merupakan industri yang masih prospektif di Indonesia ditengah kampanye anti-rokok yang terus digalakkan. Hal ini tentunya menyebabkan industri rokok terus bertahan bahkan terus mengeluarkan merek-merek baru. Dampaknya adalah konsumen semakin dihadapkan pada semakin banyak pilihan merek rokok. Dengan semakin ketatnya persaingan maka dibutuhkan segmentasi yang tepat untuk membedakan konsumen rokok tersebut terutama bagi Sampoerna. Dan salah satu cara membedakan konsumen adalah dengan mengelompokkan konsumen berdasarkan psikografi (gaya hidup). Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui segmen yang terbentuk baik untuk perokok SKT dan SPM dari sisi psikografinya. Selain itu penelitian ini juga bertujuan mengetahui persepsi konsumen rokok SKT dan SPM terhadap sebuah merek rokok jika dibandingkan dengan merek lain sehingga nantinya dapat diketahui peta persaingan rokok-rokok SKT dan SPM yang lainnya. Peneltian ini dilakukan terhadap perokok loyal SKT dan SPM baik merek Sampoerna dan non-Sampoerna yang berusia diatas 17 tahun dengan jumlah total sebanyak 200 responden. Dari data yang diambil didapatkan bahwa ternyata terbentuk masing-masing 4 segmen untuk perokok SKT dan SPM dengan Sampoerna menguasai segmen 1 pada kelompok SKT dan segmen 4 untuk kelompok SPM. Ternyata didapatkan pula perokok wanita kebanyakan adalah menghisap rokok SKT Sampoerna. Untuk persepsi merek ternyata rokok SKT biasanya dibandingkan hanya melalui mereknya saja, hal ini disebabkan karena perokok SKT kebanyakan adalah loyal smokers. Sedang rokok SPM dibedakan dengan banyak atribut lain seperti merek, harga, kualitas, kemasan. Hal ini disebabkan kerena perokok SPM kebanyakan adalah trial smokers. Dari peta persepsi dapat diketahui juga ternyata untuk rokok SKT, Sampoerna tidak mempunyai pesaing karena produknya yaitu Dji Sam Soe dan Sampoerna Hijau dinilai tidak bersaing dengan merek lain. Sedang untuk rokok SPM, A Mild bersaing dengan Star Mild dan Clas Mild, dan U Mild bersaing dengan LA Lights. Diharapkan dengan dilakukannya penelitian ini, perusahaan rokok seperti Sampoerna dapat lebih memdiferensiasikan produk rokoknya berdasarkan segmentasi konsumennya berdasarkan psikografinya dan juga dapat mengetahui brand positioning konsumen rokok terhadap rokok yang dihisapnya serta mengetahui peta persaingan merek-mereknya tersebut. Ada tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
5275 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia., 2005 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Market segmentation Consumer perception Cigarrette industry |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | ix, 134 p. : diagr. ; 30 cm. |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |