Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
No image available for this title

Text

Analisis pengaruh sikap terhadap iklan dan kemasan pada sikap terhadap merek Susu cair UHT Ultramilk Full Cream serta kaitannya dengan purchase intention

Sumiyarto (Pembimbing/Promotor) - ; Setiawan, Sukrisno Budhi - ;

Saat ini, komunikasi pemasaran menjadi salah satu faktor yang krusial dalam suatu bisnis untuk mempengaruhi pasar. Berbagai fungsi komunikasi pemasaran dapat dijalankan guna meraih respon konsumen. Di antaranya adalah melalui advertising (periklanan) dan packaging (pengemasan). Kesamaan fungsi yang diemban oleh iklan dan kemasan suatu produk untuk menyampaikan pesan merek produk tertentu untuk mempengaruhi sikap konsumen terhadap merek produk tersebut, menjadikan keduanya sebagai fungsi yang terkait. Sebagaimana fungsi iklan sebagai usaha untuk mempengaruhi sikap konsumen terhadap merek akan didukung oleh tampilan kemasan yang juga memberi arti pesan yang sama dengan maksud iklan. Atau sebaliknya tampilan iklan dapat mendukung penguatan sikap konsumen terhadap kemasan yang mempengaruhi sikap konsumen terhadap merek saat berbelanja. Terkait dengan itu, apa yang dilakukan PT. Ultra Jaya dalam menjalankan usaha komunikasi pemasaran melalui iklan dan kemasan bukanlah suatu upaya yang mudah dan tidak bertujuan. Pengemasan produk UltraMilk Full Cream melibatkan investasi dalam pengembangan teknologi untuk pengemasan yang higienis, menjaga kesegaran, gizi yang terkandung dan ketahanan produk susu cair yang dipasarkan mengingat bahwa susu adalah suatu komoditi yang sangat mudah terkontaminasi atau mudah basi, selain itu biaya disain dalam merancang tampilan visual yang menarik secara grafis maupun ukuran dan bentuk, yang memudahkan penggunaan dan penyimpanan produk, serta merancang packaging yang memiliki kemampuan untuk menyampaikan informasi. terhadap merek tersebut. Selain itu upaya ini juga diiringi dukungan komunikasi pemasaran melalui usaha periklanan lewat media televisi yang juga menghabiskan biaya yang tidak sedikit. Iklan UltraMilk Full Cream dikemas secara khusus untuk produk tersebut tanpa melibatkan tampilan produk UltraMilk dengan rasa lainnya. Iklan ini juga dirancang sedemikian rupa untuk menonjolkan keunggulan kualitas produk, yakni jaminan kualitas terbaik dan kesegaran dari susu cair UHT dalam kemasan dengan merek UltraMilk Full Cream. Ada keunikan dalam iklan tersebut, yaitu porsi tampilan kemasan sepanjang durasi iklan tersebut. Selanjutnya pengaruh dari strategi iklan dan kemasan ini pun dipertanyakan, bagaimana sikap konsumen terhadap iklan dan kemasan Ultramilk Full Cream mempengaruhi sikap konsumen terhadap merek Ultramilk Full Cream serta bagaimanakah pengaruh dari sikap terhadap merek tersebut pada purchase intention. Metode deskriptif akan digunakan dalam penelitian ini. responden yang diambil adalah konsumen yang pernah membeli produk susu cair dalam kemasan. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistical tools yaitu descriptive frequencies, descriptive mean analysis, correlation anlysis, multiple regression, dan simple regression. Dari hasil analisis regresi berganda ( multiple regression ) diketahui bahwa sikap terhadap kemasan memiliki pengaruh yang lebih besar pada sikap terhadap merek Ultramilk Full Cream dibandingkan sikap terhadap iklan. Hal ini dibuktikan dengan angka koefisien regresi untuk variabel sikap terhadap kemasan yang lebih besar dibanding koefisien regresi untuk variabel sikap terhadap iklan. Dan hasil uji t juga diketahui bahwa t hitung untuk kedua variabel ini lebih besar dari t tabel, sehingga koefisien regresi signifikan. Begitu juga dengan hasil regresi sederhana ( simple regression ) yang menunjukkan bahwa sikap terhadap merek Ultramilk Full Cream berpengaruh terhadap purchase intention. Hal ini dibuktikan dengan angka t hitung yang lebih besar dari t tabel, yang artinya koefisien hasil regresi signifikan. Ada tabel


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
5392PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia 2006
Edisi-
SubjekMarketing communication
Advertising
Consumer attitudes
Milk industry
ISBN/ISSN-
Klasifikasi-
Deskripsi Fisikxii, 102 p. : diagr, iil. ; 30 cm & lamp
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?