Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
No image available for this title

Text

Analisis pengaruh perilaku wisatawan terhadap kepuasan dan kepercayaan wisatawan serta pengaruh perilaku, kepuasan, dan kepercayaan wisatawan terhadap destination loyalty : studi kasus Bali sebagai destinasi wisata

Karto Adiwijaya (Pembimbing/Promotor) - ; Anggraini, Dewitri - ;

Pariwisata merupakan salah satu industri yang dapat bermafaat bagi perekonomian suatu negara, antara lain berkontribusi terhadap peningkatan devisa, membuka lahan kerja baru serta meningkatkan pendapatan penduduk setempat. Hal ini disadari oleh Pemerintah Republik Indonesia yang mulai mencanangkan ?Visit Year Indonesia 2008? sebagai program promosi untuk meningkatkan jumlah wisatawan yang datang ke Indonesia. Pembenahan aspek-aspek yang terkait periwisata mulai dibenahi oleh Pemerintah termasuk mengadakan berbagai event yang dapat menarik wisatawan dan menjadikan Indonesia sebagai prioritas destinasi wisata mereka. Kedepannya diharapkan tercipta loyalitas mereka terhadap Indonesia (Destination Loyalty). Dari penelusuran hasil literatur sebelumnya, destination loyalty bisa tercipta jika wisatawan merasa puas dan terjalin rasa percaya terhadap destinasi wisata, yang bisa dipengaruhi oleh 4 atribut perilaku wisatawan, antara lain persepsi mereka terhadap keindahan alam, persepsi terhadap keberagaman budaya yang ada, persepsi terhadap keamanan, serta persepsi terhadap kenyamanan transportasi yang tersedia. Maka penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa jauh pengaruh 4 atribut tersebut terhadap kepuasan, kepercayaan, dan destination loyalty wisatawan, serta pengaruh kepuasan dan kepercayaan wisatawan terhadap destination loyaty. Pulau Bali dijadikan sebagai destinasi wisata yang diteliti dengan responden adalah wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara yang sedang berada di tempat tersebut. Dalam penulisan skripsi ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dalam satu kali waktu pengambilan data (cross-sectional design) melalui penyebaran kuesioner yang diisi sendiri (self-admistered questionnaire) oleh wisatawan. Teknik sampling yang digunakan adalah non-probability sampling, yaitu melalui judgemental sampling. Kemudian pengolahan data menggunakan SPSS 12 dengan frequency distribution, analisa faktor, dan lima kali pengujian menggunakan analisa multiple regresi. Dari hasil pengujian tersebut didapatkan bahwa terbukti destination loyalty dipengaruhi secara signifikan oleh kepuasan dan kepercayaan wisatawan terhadap Bali sebagai destinasi wisata. Persepsi terhadap keindahan alam dan keberagaman budaya yang ditawarkan mungkin menarik minat wisatawan untuk datang, namun tidak cukup membuat mereka merasa puas, percaya, dan loyal terhadap Bali. Sedangkan persepsi akan keamanan dapat mempengaruhi kepuasan mereka, namun tidak membentuk kepercayaan serta loyalitas mereka. Di lain sisi, persepsi terhadap kenyamanan transportasi yang tersedia, terbukti mempengaruhi secara signifikan terhadap kepuasan, kepercayaan, dan loyalitas wisatawan secara langsung. Ada tabel


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
5910PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia 2007
Edisi-
SubjekConsumer behaviour
Tourism
Consumer perception
Destination Loyalty
Cunsomer satisfaction
ISBN/ISSN-
Klasifikasi-
Deskripsi Fisikxi, 97 p., 8 p. : diagr., il. ; 30 cm & lamp.
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?