Text
Survei Literatur Terhadap Faktor Adopsi Bank Syariah (2007-2016)
Tujuan dari survei literatur ini adalah untuk meninjau penelitian yang sebelumnya telah dilakukan terkait faktor adopsi bank syariah secara umum selama tahun 2007 sampai dengan 2016 dan untuk mengetahui faktor apa saja yang signifikan memengaruhi adopsi konsumen terhadap bank syariah. 40 artikel jurnal dari pangkalan data yang dilanggan Universitas Indonesia maupun yang tersedia secara bebas di Google Scholar dipilih untuk ditinjau dan dikelompokkan berdasarkan teori difusi inovasi milik Rogers (1983), aspek demografik konsumen dan faktor lainnya seperti aspek syariah maupun kompetitor bank syariah itu sendiri. Dari artikel yang terpilih, dapat ditarik kesimpulan bahwa sebagian besar penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan dilakukan di negara dengan Muslim sebagai mayoritas seperti Malaysia dan Pakistan. Selain itu, religiusitas dan kesadaran konsumen, bersama dengan keunggulan bank, kredibilitas, kenyamanan, biaya dan aspek syariah bank merupakan faktor-faktor yang paling sering dibahas dan terbukti signifikan dalam memengaruhi proses adopsi konsumen terhadap bank syariah. Ada Tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
10539 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Program Studi Bisnis Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia., 2017 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Banks Commercial banks Islamic banks awareness Credibility Adoption factors Relative advantage Convenience Sharia value Diffusion of innovation theory |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | xii, 120 p. : il. ; 30 cm |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |