Text
Faktor-faktor yang mempengaruhi niat pembajakan musik pada konsumen Muslim
Berkembangnya teknologi yang dapat digenggam ditangan masyarakat membuat banyak keuntungan dan kerugian. Salah satu keuntungannya adalah semakin mudahnya mendapatkan barang yang diinginkan oleh konsumen. Akan tetapi, hal tersebut juga berlaku kepada barang-barang yang seharusnya dibeli secara legal, bisa didapatkan secara ilegal melalui pengunduhan melalui sumber yang tidak dibawah ranah hukum, khususnya musik. Hal ini terjadi di Indonesia dalam skala yang sangat besar. Hal itu juga berada pada fakta bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang menganut secara mayoritas agama Islam yang melarang perbuatan tersebut. Skripsi ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor-faktor yang dapat mempengaruhi niat untuk melakukan pembajakan musik dalam kalangan masyarakat yang beragama Islam. Dengan menggunakan survey yang dilakukan secara online, peneliti menggunakan religiusitas, Willingness to Pay, sikap terhadap perilaku, norma subjektif, persepsi kontrol sikap, persepsi risiko, obligasi moral, tekanan normatif, tekanan paksaan, dan tekanan meniru sebagai faktor-faktor yang diduga mempengaruhi niat untuk melakukan pembajakan musik. Peneliti menggunakan metode Structural Equation Modelling ? Partial Least Square untuk menganalisis pengaruh masing-masing variabel independen terhadap niat untuk melakukan pembajakan musik. Hasil menunjukan bahwa religiusitas tidak berdampak signifikan terhadap niat untuk melakukan pembajakan musik. Selain itu, Willingness to Pay ditemukan berpengaruh negatif terhadap niat untuk melakukan pembajakan musik. Peneliti juga menemukan bahwa sikap terhadap perilaku mempengaruhi secara positif terhadap niat untuk melakukan pembajakan. Sikap juga ditemukan mempengaruhi secara negatif persepsi risiko untuk membajak. Obligasi moral juga ditemukan berpengaruh secara negatif terhadap niat. Obligasi moral juga ditemukan untuk mempengaruhi secara positif norma subjektif. Tekanan normatif dan tekanan meniru juga ditemukan mempengaruhi niat secara positif. Akan tetapi, norma subjektif, persepsi risiko, persepsi kontrol perilaku, dan tekanan paksaan tidak ditemukan mempengaruhi niat secara signifikan. Penelitian ini mempunyai implikasi untuk pemerintah yang ingin mengurangi pembajakan media digital di Indonesia khususnya musik serta industri media digital. Ada tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
11.365 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Program Studi Bisnis Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia., 2018 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Consumer behaviour Moslem Copyright Music piracy |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | xiii, 110 p. : il. ; 30 cm. |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |