Text
Pengaruh keterlibatan konsumen terhadap manfaat relasional yang dirasakan ( Penelitian pada Rumah Sakit Ibu dan Anak Hermina )
Saat ini aspek mengenai hubungan antara konsumen dengan perusahaan memiliki pengaruh yang kuat dalam pemasaran. Membangun dan memelihara loyalitas dengan konsumen berdasarkan pemasaran relasional merupakan salah satu strategi yang banyak dibicarakan dalam area pemasaran, khususnya pada industri jasa. Karena karakteristiknya yang berbeda dengan produk, hubungan antara konsumen dengan penyedia jasa menjadi hal yang sangat penting. Konsumen yang merupakan pengguna jasa yang ditawarkan oleh penyedia jasa harus benar-benar mendapatkan perhatian oleh perusahaan. Persaingan pemasaran di era yang semakin kompetitif ini mengharuskan pemasar atau perusahaan untuk memahami kebutuhan konsumen. Agar kebutuhannya dapat terpenuhi, maka keterlibatan konsumen dengan perusahaan merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan. Dari latar belakang diatas, penelitian ini meneliti mengenai pengaruh keterlibatan konsumen terhadap manfaat relasional yang dirasakan. Dengan terlibat pada perusahaan jasa, penulis ingin melihat apakah konsumen merasakan manfaat relasional yang diperolehnya dari perusahaan jasa. Kemudian dari manfaat relasional yang dirasakan oleh konsumen, maka diharapkan perusahaan atau penyedia jasa juga akan mendapatkan manfaat berupa relational outcome yaitu loyalitas, word of mouth dan kepuasan. Untuk melihat pengaruh manfaat relasional yang dirasakan konsumen terhadap loyalitas dan word of mouth, pertama kali akan dilihat melalui kepuasan sebagai mediator. Kemudian akan dilihat juga manfaat relasional secara langsung pada loyalitas dan word of mouth. Objek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah industri jasa rumah sakit ibu dan anak yang dibatasi pada rumah sakit ibu dan anak Hermina Jatinegara, Hermina Depok dan Hermina Bekasi. Yang menjadi responden adalah ibu-ibu hamil yang merupakan konsumen rumah sakit tersebut.Pengumpulan data dilakukan dengan alat penelitian berupa kuisioner untuk mengukur variabel penelitian yang mengacu pada penelitian Herrea (2007), Kinard dan Capella (2006), Patterson dan Smith (2001). Pengukuran variabel penelitian dengan kuisioner dilakukan dengan skala likert dan skala semantik diffrensial. Metode yang dipakai dalam pengolahan data adalah dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM), dengan perangkat lunak LISREL 8.54.Hasil dari penelitian ini meyimpulkan bahwa keterlibatan memiliki pengaruh terhadap manfaat relasional yang dirasakan oleh konsumen. Selain itu manfaat relasional juga memiliki pengaruh terhadap kepuasan, loyalitas dan word of mouth baik yang dimediasi oleh kepuasan maupun secara langsung..07 Januari 2008
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
MA 0585 | PSB lt.dasar - Pascasarjana | 1 |
Penerbit | Depok Program Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia., 2008 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | RSIA Hermina |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | - |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |