Text
Integrasi intensi dan resistensi dalam adopsi NFC-based Mobile Payment
Penelitian ini membahas mengenai bagaimana pengaruh intensi dan resistensi mengadopsi inovasi terhadap perilaku adopsi inovasi, dimana pada penelitian-penelitian sebelumnya, intensi dan resistensi mengadopsi inovasi cenderung diteliti secara terpisah padahal keduanya merupakan bentuk reaksi konsumen terhadap hadirnya inovasi. Mengintegrasikan keduanya mampu memberikan analisa yang komperhensif dalam menyusun strategi pemasaran yang tepat agar inovasi dapat diadopsi oleh konsumen. Di sisi resistensi mengadopsi inovasi, penelitian ini tidak hanya meneliti mengenai resistensi yang disebabkan oleh hasil evaluasi terhadap atribut inovasi (active innovation resistance), melainkan juga meneliti mengenai resistensi yang disebabkan kecenderungan seseorang untuk tidak mau berubah dan mempertahankan status quo- nya. Pengaruh karakteristik konsumen dan network externality terhadap perilaku adopsi inovasi juga diteliti dalam penelitian ini guna mendapatkan analisa yang lebih komperhensif. Penelitian ini melibatkan data dari 300 responden yang dipilih secara non probabilistik sampling dengan metode purposive sampling, berdasarkan kriteria target pasar NFC-based mobile payment sebagaimana konteks dari penelitian ini. Berdasarkan hasil pengolahan data yang dilakukan menggunakan Strutural Equation Model, penelitian ini mendukung bahwa intensi dan resistensi mengadopsi inovasi memeiliki peran yang bersamaan terhadap perilaku adopsi inovasi, dimana intensi mempengaruhi perilaku adopsi inovasi secara positif, sebaliknya resistensi mempengaruhi perilaku adopsi inovasi secara negatif. Tidak hanya active innovation resistance, passive innovation resistance-pun memiliki peran terhadap perilaku adopsi inovasi. Sebagai upaya menumbuhkan tingkat adopsi inovasi, penelitian ini mengusulkan berbagai upaya untuk meningkatkan intensi mengadopsi inovasi, menekan resistensi mengadopsi inovasi, meningkatkan persepsi network externality dan membedakan upaya tersebut berdasarkan karakteristik konsumen.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
DMA 0272 | PSB lt.dasar - Pascasarjana | 1 |
Penerbit | Depok Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia., 2020 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | NFC intention to adopt innovation resistance to adopt innovation innovation adoption behavior active innovation resistance passive innovation resistance network externality\' consumer characteristic based mobile payment |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | xiv, 279p, chart, tables, graphics, ills, 29 cm |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |