Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
No image available for this title

Text

Integrasi intensi dan resistensi dalam adopsi NFC-based Mobile Payment

Prof. Dr. Sofjan Assauri (Pembimbing/Promotor) - ; Dr. Rizal Edy halim (Penguji) - ; Sari Wahyuni S.I.P., M.Sc., Ph.D. (Penguji) - ; Sri Rahayu Hijrah Hati, Ph.D (Penguji) - ; Dr. Asnan Furinto (CoPromotor) - ; Arnold Japutra, Ph.D (Penguji) - ; Gita Gayatri, Ph.D (CoPromotor) - ; Pitari, Diananda Fitria - ; Daniel Tumpal Hamonangan Arum, Ph.D (Penguji) - ;

Penelitian ini membahas mengenai bagaimana pengaruh intensi dan resistensi mengadopsi inovasi terhadap perilaku adopsi inovasi, dimana pada penelitian-penelitian sebelumnya, intensi dan resistensi mengadopsi inovasi cenderung diteliti secara terpisah padahal keduanya merupakan bentuk reaksi konsumen terhadap hadirnya inovasi. Mengintegrasikan keduanya mampu memberikan analisa yang komperhensif dalam menyusun strategi pemasaran yang tepat agar inovasi dapat diadopsi oleh konsumen. Di sisi resistensi mengadopsi inovasi, penelitian ini tidak hanya meneliti mengenai resistensi yang disebabkan oleh hasil evaluasi terhadap atribut inovasi (active innovation resistance), melainkan juga meneliti mengenai resistensi yang disebabkan kecenderungan seseorang untuk tidak mau berubah dan mempertahankan status quo- nya. Pengaruh karakteristik konsumen dan network externality terhadap perilaku adopsi inovasi juga diteliti dalam penelitian ini guna mendapatkan analisa yang lebih komperhensif. Penelitian ini melibatkan data dari 300 responden yang dipilih secara non probabilistik sampling dengan metode purposive sampling, berdasarkan kriteria target pasar NFC-based mobile payment sebagaimana konteks dari penelitian ini. Berdasarkan hasil pengolahan data yang dilakukan menggunakan Strutural Equation Model, penelitian ini mendukung bahwa intensi dan resistensi mengadopsi inovasi memeiliki peran yang bersamaan terhadap perilaku adopsi inovasi, dimana intensi mempengaruhi perilaku adopsi inovasi secara positif, sebaliknya resistensi mempengaruhi perilaku adopsi inovasi secara negatif. Tidak hanya active innovation resistance, passive innovation resistance-pun memiliki peran terhadap perilaku adopsi inovasi. Sebagai upaya menumbuhkan tingkat adopsi inovasi, penelitian ini mengusulkan berbagai upaya untuk meningkatkan intensi mengadopsi inovasi, menekan resistensi mengadopsi inovasi, meningkatkan persepsi network externality dan membedakan upaya tersebut berdasarkan karakteristik konsumen.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
DMA 0272PSB lt.dasar - Pascasarjana1
PenerbitDepok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2020
Edisi-
SubjekNFC
intention to adopt innovation
resistance to adopt innovation
innovation adoption behavior
active innovation resistance
passive innovation resistance
network externality\' consumer characteristic
based mobile payment
ISBN/ISSN-
Klasifikasi-
Deskripsi Fisikxiv, 279p, chart, tables, graphics, ills, 29 cm
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?