Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
No image available for this title

Text

Intention To Use Sharing Services Amongst Emerging Adulthood: Evidence From Indonesia

Tengku Ezni Balqiah (Pembimbing/Promotor) - ; Fitranda, Arya Ridho - ;

Perkembangan ekonomi digital melahirkan model bisnis baru yang berpotensi untuk mengubah perilaku konsumen. Salah satu model ini adalah konsep ekonomi berbagi. Pada dasarnya, ekonomi berbagi, yang disebut dalam istilah lain sebagai konsumsi kolaboratif atau konsumsi berbasis akses, adalah tren konsumen untuk menggunakan produk atau barang tanpa mendapatkan kepemilikan atas produk tersebut, yang difasilitasi melalui layanan berbagi. Didorong oleh popularitas layanan berbagi seperti Airbnb, jumlah penggunaan layanan berbagi terus meningkat di seluruh dunia. Indonesia tidak terkecuali, mengingat fakta bahwa dua sektor layanan berbagi terbesar di negara itu yang merupakan online travel dan ride-hailing, dianggap sebagai pasar terbesar dan paling cepat berkembang di Asia Tenggara. Akibatnya, memahami faktor yang memengaruhi penggunaan layanan berbagi adalah hal yang penting, mengingat penelitian mengenai topik ini di Indonesia masih minim. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi variabel yang mempengaruhi niat untuk menggunakan layanan berbagi dengan menggunakan teori konsumsi berbasis akses dan model sistem berbagi komersial yang digagas oleh Oyedele & Simpson, (2018). Konteks penelitian ini adalah Go-Car dan Airbnb. Penelitian ini diuji kepada 373 responden di Indonesia dan diproses dengan menggunakan software Lisrel 8.5.1. Dengan menggunakan structural equation modeling (SEM,) penelitian ini menemukan bahwa niat untuk menggunakan layanan berbagi dipengaruhi oleh relative transaction utility, relative flexibility utility, social utility, familiarity, trust dan shareaids. Ada Tabel


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
11904PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Manajemen Kelas Khusus International Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2018
Edisi-
SubjekConsumer behavior
Sharing economy
Online Travel
Ride Hailing
Emerging Adulthood
Access
Based Consumption
ISBN/ISSN-
Klasifikasi-
Deskripsi FisikXVI, 199 p. ; diagr. ; 30 cm
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?