Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
RELIGIUSITAS DAN SUSTAINABLE
FASHION: PERAN MEDIASI
FAKTOR MATERIALISME DAN
GUILT PADA KONSUMEN MUSLIM
DI INDONESIA
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2023
Request Access

Skripsi

Religiusitas dan Sustainable Fashion: Peran Mediasi Faktor Materialisme dan Guilt pada Konsumen Muslim di Indonesia

Religiosity and Sustainable Fashion: Mediating Role of Materialism and Guilt Factor Among Muslim Consumers in Indonesia

Muhammad Raihan - ; Sri Rahayu Hijrah Hati (Pembimbing/Promotor) - ; Ira Iriyanty (Penguji) - ; Imam Salehudin (Penguji) - ;

Studi mengenai intensi pembelian produk-produk beretika termasuk sustainable fashion telah banyak berkembang dalam literatur ilmiah. Namun demikian, sangat sedikit studi yang dikembangkan memasukkan unsur religiusitas dalam penelitiannya. Aspek ini krusial di negara-negara berkembang yang menggunakan unsur agama dalam pedoman kehidupannya termasuk di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh aspek religiusitas masyarakat Indonesia dalam intensi pembelian sustainable fashion yang dimediasi oleh faktor materialisme dan guilt (perasaan bersalah) yang dikembangkan oleh Adil (2022). Penelitian dilakukan dengan mengirimkan survei yang diisi oleh 701 responden penduduk Indonesia yang beragama Islam dan berusia minimal 17 tahun. Dengan menggunakan metode pengolahan PLS-SEM, ditemukan bahwa religiusitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap intensi pembelian sustainable fashion serta terdapat peran mediasi signifikan oleh faktor guilt, namun tidak oleh faktor materialisme. Implikasi dan keterbatasan penelitian dicantumkan dalam tulisan ini.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
13992PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Bisnis Indonesia Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2023
Edisi-
SubjekPurchase intention
Sustainability
Religiosity
Materialism
Sustainable Fashion
Guilt
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxii, 123 p. ; diagr. ; 30 cm
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?