Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
No image available for this title

Text

Determinan online purchase intention : peran cash on delivery sebagai moderator

Tria Lestari Nampira - ; Chairy (Pembimbing/Promotor) - ; Imam Salehudin (Penguji) - ; Rifelly Dewi Astuti (Penguji) - ;

Berbelanja di e-commerce, konsumen akan memiliki perceived value dan perceived risk. Pemasar perlu memahami nilai dan risiko pembelian online untuk memahami perilaku pelanggan online. Selain itu, perusahaan dapat membuat strategi pemasaran yang jelas untuk mempengaruhi niat pembelian online dan menciptakan perilaku belanja online yang berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perceived value, terdiri dari utilitarian, hedonic, dan social value serta perceived risk terhadap online purchase intention, dimana layanan Cash On Delivery (COD) sebagai variabel moderasi untuk menganalisis apakah akan memperkuat atau memperlemah hubungan perceived value dan perceived risk terhadap online purchase intention. Kriteria responden pada penelitian ini adalah pelanggan e-commerce yang pernah belanja online menggunakan layanan COD dalam waktu tiga bulan terakhir dan berusia diatas tujuh belas tahun, kemudian di analisis menggunakan PLS-SEM. Hasil penelitian ini adalah social value berpengaruh signifikan terhadap utilitarian value, social value berpengaruh signifikan terhadap hedonic value, social value tidak berpengaruh signifikan secara langsung terhadap online purchase intention, utilitarian value memediasi pengaruh social value terhadap online purchase intention, hedonic value memediasi pengaruh social value terhadap online purchase intention, perceived risk tidak berpengaruh signifikan terhadap online purchase intention. COD tidak memoderasi pengaruh utilitarian value terhadap online purchase intention. COD tidak memoderasi pengaruh hedonic value terhadap online purchase intention, namun COD memoderasi pengaruh perceived risk terhadap online purchase intention. Berdasarkan hasil penelitian tersebut perusahaan e-commerce perlu berinovasi pada layanan atau menciptkan daya saing yang berbeda dari pesiang dalam meningkatkan kenyamanan konsumen saat berbelanja dan perusahaan e-commerce perlu mempertahankan layanan metode COD karena dapat menaikkan intensi online purchase intension.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
MA 1487PSB lt.dasar - Pascasarjana1
PenerbitDepok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2022
Edisi-
SubjekSocial value
Perceived risk
Utilitarian Value
Hedonic Value
Online purchase intention
cash on delivery
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxii, 87p; chart, tables, graphics, appendix, 30cm
Info Detail SpesifikTESIS PPIM
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?