Skripsi
Identifikasi Perilaku Konsumen Muslim terhadap Produk Makanan dan Minuman Impor Non-Logo Halal dari Negara Nonmuslim : Studi Menggunakan Teori Stimulus-Organisme-Respons
Sebagai negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam, salah satu langkah untuk mengakomodasi kebutuhan konsumen Muslim yang cenderung mengikuti aturan agama Islam untuk mengonsumsi yang halal dan menghindari yang haram sesuai dengan syariat Islam adalah dengan menyediakan label halal pada setiap produk makanan dan minuman yang diimpor ke Indonesia. Namun, sayangnya produk makanan dan minuman impor yang memiliki label halal masih terbatas jumlahnya. Ketiadaan label halal membuat konsumen menjadi lebih berhati-hati dalam memutuskan untuk membeli atau mengkonsumsi produk tanpa label halal tersebut (Wibowo & Madusari, 2018). Namun, tidak sedikit masyarakat Muslim yang hanya membeli dan mengkonsumsi makanan dan minuman hanya dengan memperhatikan tanggal kadaluwarsanya saja, tanpa memerhatikan keberadaan label halal dalam kemasan tersebut (Amalia & Fauziah, 2018). Hal ini menunjukkan bahwa mereka memerhatikan informasi mengenai produk tersebut, bahwa produk mereka aman dan diperbolehkan untuk dikonsumsi sesuai syariat Islam. Selain itu, ketika dihadapkan pada produk makanan dan minuman yang sulit untuk diverifikasi kehalalannya, kepercayaan memainkan peran yang penting (Ali, Xiaoling, Sherwani, & Ali, 2018). Dalam hal ini, konsumen percaya bahwa produk yang dikonsumsi tersebut sudah sesuai dengan syariat Islam. Penelitian ini mencoba untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen terhadap produk makanan dan minuman impor non-logo halal dari negara nonmuslim. Peneliti melakukan penelitian kuantitatif dengan menggunakan responden yang pernah membeli produk makanan dan minuman impor non-logo halal dari negara nonmuslim. Metode analisis yang digunakan adalah PLS-SEM dengan menggunakan aplikasi SmartPLS 3 dan IBM SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kesadaran beragama, kualitas konten, kualitas informasi, kesadaran merek, dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian. Keputusan pembelian juga memiliki hubungan yang signifikan terhadap loyalitas konsumen. Kesadaran merek juga memediasi hubungan antara kesadaran beragama, kualitas konten, dan kualitas informasi terhadap keputusan pembelian. Kepercayaan konsumen memediasi hubungan antara kualitas konten dan kualitas informasi terhadap keputusan pembelian, namun tidak memediasi hubungan antara kesadaran beragama dan keputusan pembelian.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
14252 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Program Studi Bisnis Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia., 2023 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Consumer behaviour Muslim Consumers Beverage products Imported non-logo halal food |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | xiii, 197 p. ; diagr. ; 30 cm |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |