Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
ANALISIS PENGARUH
INTERAKTIVITAS DAN
VIRTUALITAS DALAM MOBILE
AUGMENTED REALITY (MAR)
TERHADAP SIKAP DAN PERILAKU
BERBEL...
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2023
Request Access

Skripsi

Analisis Pengaruh Interaktivitas dan Virtualitas dalam Mobile Augmented Reality (MAR) terhadap Sikap dan Perilaku Berbelanja Konsumen: Studi pada Pengguna Aplikasi Ruparupa

Analysis of Interactivity and Virtuality in Mobile Augmented Reality (MAR) Effects on The User Attitudes and Shopping Behavior: Study on Ruparupa Application Users

Ivan Christian Yulianto - ; Nissa Ghulma Ratnasari (Pembimbing/Promotor) - ; Sri Daryanti (Penguji) - ; Mohammad Mustaqim (Penguji) - ;

Penelitian ini akan berfokus pada pengguna aplikasi Ruparupa, yang merupakan platform e-commerce yang menggunakan teknologi Mobile Augmented Reality (MAR). Dengan melibatkan pengguna aplikasi tersebut, penelitian ini dapat memberikan pemahaman yang lebih khusus tentang bagaimana penggunaan MAR berdampak pada sikap dan perilaku berbelanja konsumen. Penelitian ini memakai sampel sebanyak 176 responden pengguna aplikasi Ruparupa. Pengumpulan data menggunakan Google Form. Untuk analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan perangkat lunak SmartPLS dan SPSS. Dari hasil pengolahan data, ditemukan interaktivitas yang dirasakan konsumen dengan aplikasi MAR secara positif memengaruhi kepuasan hedonis, kepuasan utilitarian, keinformatifan, dan persepsi kemudahan penggunaan. Virtualitas yang dirasakan konsumen dengan aplikasi MAR secara positif memengaruhi kepuasan hedonis, kepuasan utilitarian, keinformatifan, dan persepsi kemudahan penggunaan. Kepuasan hedonis dan kemudahan penggunaan yang dirasakan konsumen secara positif memengaruhi sikap terhadap penggunaan aplikasi MAR. Kepuasan utilitarian dan keinformatifan tidak memengaruhi sikap konsumen terhadap penggunaan aplikasi MAR. Terakhir, sikap konsumen yang positif terhadap penggunaan aplikasi MAR secara positif memengaruhi niat untuk menggunakan aplikasi MAR.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
14372PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2023
Edisi-
SubjekAttitudes
Interactivity and Virtuality
Mobile Augmented Reality (MAR)
Consumer Shopping Behavior
Ruparupa Application
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiv, 123 p. ; diagr. ; 30 cm
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?