Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
THE IMPACT OF MORAL EMOTION
ON CONSUMER BOYCOTT
BEHAVIOR: THE CASE STUDY OF
MCDONALD'S
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2024
Request Access

Skripsi

The Impact of Moral Emotion on Consumer Boycott Behavior: The Case Study of McDonald's

Gisela Ratu Alifa - ; Agung Nugroho (Penguji) - ; Triza Mudita (Pembimbing/Promotor) - ; Rifelly Dewi Astuti (Penguji) - ;

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menguji dampak emosi moral, khususnya empati dan kemarahan, terhadap keputusan pembelian konsumen terhadap McDonald's, yang dianggap mendukung Israel, dalam konteks konflik Israel-Palestina. Data dikumpulkan dari 250 responden Indonesia dan menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) berdasarkan Theory of Reasoned Action (TRA) dan Moral Foundation Theory (MFT). Kemarahan terhadap Israel muncul sebagai faktor penting yang mendorong niat untuk memboikot, sementara kekhawatiran terhadap warga Palestina juga turut berkontribusi, meskipun pada tingkat yang lebih rendah. Temuan ini menyoroti bahwa peningkatan emosi moral mempengaruhi niat boikot. Studi ini mengungkapkan perbedaan dalam perilaku konsumen, khususnya dampak minimal dari empati terhadap keputusan boikot dibandingkan dengan kemarahan. Namun penelitian menunjukkan bahwa McDonald's Indonesia berhasil mengkomunikasikan keprihatinannya dalam menyikapi aksi boikot yang berdampak pada menurunnya niat boikot. Hal ini berkontribusi pada pemahaman yang lebih mendalam tentang keterkaitan antara emosi moral dan norma subjektif dalam membentuk sikap konsumen dan niat memboikot. Studi ini juga membahas implikasi dari temuan ini dan mengakui keterbatasannya.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 14884PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Kelas Khusus Internasional Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2024
Edisi-
SubjekSubjective norms
Involvement
Empathy
Palestine
Anger
Boycott Intention
Boycott Attitude
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiv, 96 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?