Skripsi
The Impact of Moral Emotion on Consumer Boycott Behavior: The Case Study of McDonald's
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menguji dampak emosi moral, khususnya empati dan kemarahan, terhadap keputusan pembelian konsumen terhadap McDonald's, yang dianggap mendukung Israel, dalam konteks konflik Israel-Palestina. Data dikumpulkan dari 250 responden Indonesia dan menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) berdasarkan Theory of Reasoned Action (TRA) dan Moral Foundation Theory (MFT). Kemarahan terhadap Israel muncul sebagai faktor penting yang mendorong niat untuk memboikot, sementara kekhawatiran terhadap warga Palestina juga turut berkontribusi, meskipun pada tingkat yang lebih rendah. Temuan ini menyoroti bahwa peningkatan emosi moral mempengaruhi niat boikot. Studi ini mengungkapkan perbedaan dalam perilaku konsumen, khususnya dampak minimal dari empati terhadap keputusan boikot dibandingkan dengan kemarahan. Namun penelitian menunjukkan bahwa McDonald's Indonesia berhasil mengkomunikasikan keprihatinannya dalam menyikapi aksi boikot yang berdampak pada menurunnya niat boikot. Hal ini berkontribusi pada pemahaman yang lebih mendalam tentang keterkaitan antara emosi moral dan norma subjektif dalam membentuk sikap konsumen dan niat memboikot. Studi ini juga membahas implikasi dari temuan ini dan mengakui keterbatasannya.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
S 14884 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Program Studi Kelas Khusus Internasional Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia., 2024 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Subjective norms Involvement Empathy Palestine Anger Boycott Intention Boycott Attitude |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | xiv, 96 p. : il. ; 30 cm. |
Info Detail Spesifik | Skripsi |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |