Tesis
Pengaruh dari Enjoyment, Self-Efficacy, dan Expectation Confirmation Model terhadap Intensi Penggunaan Sistem Informasi pada Organisasi Pendapatan NegaraPengaruh dari Enjoyment, Self-Efficacy, dan Expectation Confirmation Model terhadap Intensi Penggunaan Sistem Informasi pada Organisasi Pendapatan Negara
Menurunnya kehandalan sistem informasi yang dimiliki oleh Organisasi Pendapatan Negara selaku instansi yang bertugas untuk menghimpun penerimaan negara dapat berdampak pada penurunan intensi kelanjutan penggunaan sistem informasi tersebut oleh penggunanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan enjoyment, self-efficacy, perceived usefulness, confirmation, dan satisfaction terhadap continuance intention sistem informasi dengan menggunakan pendekatan teori expectation confirmation model di sektor publik. Penelitian ini juga menyelidiki peran mediasi perceived usefulness dan satisfaction. Data berjumlah 491 responden dikumpulkan dari pegawai yang bekerja pada Organisasi Pendapatan Negara melalui survei daring dan sebanyak 436 isian responden dianalisis lebih lanjut. Penelitian ini memberikan kontribusi pada prediktor yang mempengaruhi continuance intention pada sektor publik di Indonesia. Pengujian hipotesis menggunakan Structural Equation Modeling dengan Lisrel 8.8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-efficacy dan confirmation berpengaruh positif dan signifikan terhadap perceived usefulness. Perceived usefulness, enjoyment, dan confirmation berhubungan positif dan signifikan terhadap satisfaction. Di antara faktor-faktor tersebut, satisfaction bertindak sebagai variabel mediasi parsial dalam hubungan antara perceived usefulness dan continuance intention serta antara enjoyment dan continuance intention. Selanjutnya, perceived usefulness bertindak sebagai indirect-only mediator dalam hubungan antara self-efficacy dan continuance intention. Selain itu, satisfaction bertindak sebagai indirect-only mediator dalam hubungan antara confirmation dan continuance intention. Pada akhirnya, perceived usefulness, enjoyment, dan satisfaction mempunyai hubungan langsung yang signifikan terhadap continuance intention sistem informasi. Penelitian ini memberikan kontribusi di bidang manajemen sumber daya manusia melalui panduan praktis untuk meningkatkan continuance intention terkait penggunaan sistem informasi dalam jangka panjang di sektor publik khususnya pada institusi perpajakan.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
T 396/24 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Jakarta Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia., 2024 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Public sector Enjoyment Satisfaction Continuance Intention Perceived usefulness Confirmation self-efficacy Expectation Confirmation Model |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | xvi, 159 p. : il. ; 30 cm. |
Info Detail Spesifik | Tesis |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |