Cryptocurrency (aset kripto) sudah menjadi salah satu teknologi yang disruptif dalam mengubah kehidupan masyarakat, terutama pada sektor teknologi finansial. Sebagai salah satu inovasi teknologi finansial, aset kripto memiliki banyak potensi, tantangan dan batasan. Oleh sebab itu, perlu dipelajari bagaimana perkembangan aset kripto melalui perspektif perilaku konsumen. Riset ini memiki tujuan u…
Tujuan studi ini bertujuan untuk meneliti tiga faktor yang mempengaruhi inspirasi konsumen: source characteristics, platform characteristics, dan personal characteristics, serta pengaruh inspirasi konsumen terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen. Konseptualisasi source characteristics terdiri dari tiga komponen: attractiveness, expertise, dan trustworthiness. Sedangkan social presence menjadi …
Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan bentuk moralitas dari sebuah perusahaan, yang berfokus pada kesadaran sebuah Perusahaan untuk berdampak kepada lingkungan dan seluruh aspek disekitarnya. Dalam pelaksanaannya, CSR sudah menjadi kewajiban yang harus dilakukan sebagai syarat secara nasional. Namun, tidak hanya sebagai syarat, sebuah perusahaan yang menjalankan program tersebut tentu…
Persaingan yang ketat dalam industri penerbangan di Indonesia membuat perusahaan berlomba untuk bertahan. Berbagai upaya dilakukan untuk mempertahankan loyalitas konsumen di tengah banyaknya pilihan maskapai penerbangan yang tersedia. Perusahaan melakukan kegiatan sosial dalam bentuk CSR sebagai strategi pemasaran. Upaya tersebut dapat mendukung keberlanjutan, meningkatkan citra perusahaan, dan…
Dunia saat ini berkembang pesat dengan kemampuan kecerdasan buatan (AI) untuk membuka cara-cara baru dan menarik untuk melibatkan pelanggan. Dengan memberikan penawaran inovatif dan pengalaman yang dipersonalisasi, AI memperkuat ikatan antara merek dan konsumen mereka, sehingga membedakan mereka dari para pesaing. Berdasarkan model Stimulus-Organism-Response (SOR), penelitian ini bertujuan untu…
Permintaan kopi lokal yang semakin meningkat dari tahun ke tahun menyebabkan konsumsi kopi lokal meningkat dan tumbuhnya gerai kedai kopi lokal. Fenomena budaya minum kopi merupakan kebiasaan masyarakat Indonesia yang memicu peningkatan konsumsi dan produksi kopi lokal. Penelitian ini berfokus pada jaringan kedai kopi lokal yang merupakan salah satu pemimpin pasar di Indonesia dan telah mengala…
Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis peran Theory of Planned Behavior (TPB), religiusitas, dan brand loyalty dalam mempengaruhi Continuous Boycott Intention pada restoran cepat saji (fast-food) yang terafiliasi dengan Israel. Menggunakan metode analisis statistik Structure Equation Modeling - Partial Least Squares (SEM-PLS), penelitian ini dilakukan dengan melibatkan 400 (empat ratus) re…
Perkembangan teknologi dan persaingan yang semakin ketat di kalangan rumah sakit swasta telah mendorong rumah sakit swasta untuk berinovasi dengan saling bersaing dalam mempromosikan layanan mereka melalui media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur seberapa efektif implementasi social media marketing activity dalam membangun brand awareness, brand image, brand equity, dan trust dari …
Penelitian ini mengkaji pengaruh Kegiatan Pemasaran Media Sosial (SMMA) terhadap perilaku konsumen terhadap merek fashion lokal di Indonesia. Penelitian ini berfokus pada lima dimensi utama SMMA: interactivity, informativeness, Personalization, Trendiness, dan word-of-mouth (WOM). Penelitian ini melampaui penelitian sebelumnya dengan menyelidiki efek moderasi tingkat keterlibatan pelanggan pada…
Pemasar internasional menghadapi tantangan di pasar berkembang seperti Indonesia, di mana pertumbuhan ekonomi yang cepat telah terjadi. Pertumbuhan ini sangat dipengaruhi oleh globalisasi, yang memainkan peran krusial dalam menyediakan konsumen dengan berbagai alternatif produk dari seluruh dunia, khususnya di industri kosmetik. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh ethnocentri…
Indonesia sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia seharusnya memiliki potensi besar dalam mengembangakan industri perbankan syariah agar tidak stagnan. Oleh karena itu, pemerintah Indonesia berusaha terus meningkatkan market share perbankan syariah dan menjadikan Indonesia dapat menjadi pusat ekonomi syariah global, salah satunya dengan melakukan merger ketiga bank syariah BUMN …
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Green Image dan Green Practice Terhadap Loyalitas Produk Slow fashion dengan Green Trust, Green Perceived Value dan Green Satisfaction sebagai variabel mediasi pada brand slow fashion di Indonesia, Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan responden sebanyak 239 responden yang merupakan pembeli produk slow fashion dalam…
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh persepsi kualitas layanan, harga yang kompetitif, dan lokasi terhadap intensi loyalitas pelanggan di apotek-apotek Indonesia, dengan melihat kepuasan pelanggan dan patronase sebagai mediator. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif dengan menggunakan survei pada konsumen apotek di Indonesia. Structural Equation Modeling (SEM) digunakan un…
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi niat beli kendaraan listrik (EV) di Indonesia, mengingat rendahnya tingkat pembelian EV saat ini. Dengan menggunakan metode kuantitatif dan survei terhadap 957 calon pengguna EV, penelitian ini menguji hubungan antara variabel-variabel seperti kemudahan penggunaan, manfaat yang dirasakan, risiko yang dirasakan, pengetah…
Private-label berkembang menjadi brand yang memperhatikan nilai. PLB di Indonesia melibatkan UMKM sebagai pemasok dan hal ini menjadi menarik jika dilihat dari aspek sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi PLB yang produksiUMKM. Data diperoleh dari 441 responden dan diuji dengan PLS-SEM Hasil penelitian menunjukkan bahwa Store Loyalty dan…
Pesatnya teknologi mobile banking di industri perbankan di Indonesia saat ini membuat persaingan tiap bank dalam menjaga hubungan dan loyalitas dengan nasabah serta reputasi brand menjadi semakin ketat. Loyalitas yang tercipta dari penggunaan layanan bank yang berkelanjutan atau reuse intention dari nasabah dapat menjamin profitabilitas bank. Selain profitabilitas bank, bank juga perlu menjamin…
Menurut data survey Business of Fashion (BOF) Oktober 2022, fashion merupakan kategori hiburan paling favorit dimana generasi Z akan menghabiskan uang. Generasi Z memiliki panutan yang disebut influencer dan konten dari influencer kesukaan merupakan kekuatan pendorong penting untuk konsumsi pada dunia nyata. Influencer fashion mempengaruhi mereka dalam memilih gaya berbusana fashion termasuk pe…
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis nilai dan risiko yang dirasakan konsumen terhadap konsumsi circular fashion di Indonesia, khususnya pada platform penyewaan pakaian online. Penelitian ini juga menyelidiki peran moderasi keterlibatan konsumen pada hubungan antara sikap produk dan niat perilaku, yaitu niat WOM dan niat beli. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan…
Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi dan menganalisis hubungan antara revisit intention dan customer loyalty, serta perceived price justice, perceived satisfaction, dan service quality. Pendekatan analisis statistik digunakan dengan metode Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) terhadap 573 responden yang merupakan konsumen rest area jalan tol Trans Jawa. Survei di…
Tujuan dari penelitian tesis ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi niat perilaku atau behavioral intention terhadap belanja online yang dibandingkan antara belanja melalui website brand dan online marketplace. Penulis menginisiasi model penelitian yang terintegrasi dimana kepercayaan dan sikap terhadap belanja online menjadi penengah dari pengaruh beberapa faktor sepert…