Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara perceived enjoyment, coupon availability, perceived compatibility, subjective norm, individual mobility, personal innovativeness, perceived usefulness, perceived ease of use, perceived security dan behavioral intention dalam intensi mengadopsi E - Wallet. Penelitian ini menggunakan kerangka pengembangan dari teori TAM. Penelit…
Pesatnya teknologi mobile banking di industri perbankan di Indonesia saat ini membuat persaingan tiap bank dalam menjaga hubungan dan loyalitas dengan nasabah serta reputasi brand menjadi semakin ketat. Loyalitas yang tercipta dari penggunaan layanan bank yang berkelanjutan atau reuse intention dari nasabah dapat menjamin profitabilitas bank. Selain profitabilitas bank, bank juga perlu menjamin…
Menurut data survey Business of Fashion (BOF) Oktober 2022, fashion merupakan kategori hiburan paling favorit dimana generasi Z akan menghabiskan uang. Generasi Z memiliki panutan yang disebut influencer dan konten dari influencer kesukaan merupakan kekuatan pendorong penting untuk konsumsi pada dunia nyata. Influencer fashion mempengaruhi mereka dalam memilih gaya berbusana fashion termasuk pe…
Adopsi perbankan digital telah meningkat di Indonesia, menekankan perlunya mengidentifikasi variabel yang mempengaruhi behavior intention pelanggan untuk menggunakan produk perbankan digital. Makalah ini menyelidiki dampak pemasaran bank digital di media sosial, yang telah menjadi platform penting untuk keterlibatan pelanggan. Selain itu, penelitian ini menganalisis pengaruh manfaat dari grup k…
Studi inı meneliti hubungan antara sentimen media sosial dengan indeks keyakinan konsumen (IKK) dan produk domestik bruto (PDB) Indonesia. Dalam penelitian ini, dipıih 28 kata kunci yang mewakili subjek kuesioner Survei Konsumen Bank Indonesia. Sebanyak 1.131.401 data Twitter yang berisi setidaknya satu kata kunci terkumpul dari 1 Januari 2019 hingga 31 Desember 2022. Korelasi antara sentimen…
Penelitian ini menganalisis beberapa faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan ritel farmasi modern; Watsons Indonesia. Studi ini menguji apakah pengalaman di dalam toko, program keanggotaan, dan penggunaan in-store experience berdampak signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Ketiga variabel tersebut menjadi penting dalam mempertahankan pelanggan dan menciptakan hubungan pelanggan jangka pa…
Masalah keberlanjutan lingkungan dalam industri pakaian menjadi semakin mendesak mengingat adanya peningkatan polusi, limbah, dan penggunaan sumber daya alam yang tidak ramah lingkungan. Isu ini semakin relevan mengingat tren konsumsi yang terus meningkat seiring dengan perkembangan industri fashion yang cepat. Kondisi lingkungan di Indonesia yang semakin memprihatinkan mengharuskan berbagai pi…
Popularitas Korean pop music (K-pop) mengalami peningkatan yang cukup pesat dalam beberapa tahun belakangan. Keberhasilan ini tidak terlepas dari peran penggemar yang tiada henti memberi dukungan terhadap grup K-pop favoritnya melalui berbagai cara. Perilaku ini dipengaruhi oleh dua faktor, yakni identifikasi dengan komunitas penggemar (fan community identification) dan identifikasi dengan idol…
Sejak dahulu kala, kandidat dan partai politik sudah “dipasarkan” kepada pemilik suara layaknya sebuah produk. Muncul suatu istilah dari adanya fenomena pemasaran berdasarkan kepribadian dalam konteks politik ini, yaitu “brandidates” yang mana gabungan dari kata “brand” dan kata “candidates” yang secara harfiah adalah merk dan kandidat. Dalam kontestasi pemilihan presiden Indone…
Jumlah pemain mobile game Indonesia diprediksi akan menyentuh angka 68,03 juta orang pada tahun 2024. Hal tersebut membuat pasar mobile game Indonesia sangat menarik untuk para game developer. Demi keberlanjutan bisnis mobile game, penting untuk mengetahui faktor apa yang dapat mendorong pemain untuk melakukan pembelian. Oleh karena itu, penelitian yang menggunakan metode deskriptif konklusif i…
Laporan ini menyelidiki efektivitas pemasaran influencer untuk promosi produk di media sosial, dengan fokus khusus pada identifikasi tingkat influencer optimal untuk mencapai tujuan pemasaran secara hemat biaya. Penelitian ini menggunakan analisis data dan praktik yang digunakan oleh PT. IND, platform pemasaran influencer terkemuka di Indonesia. PT. IND menghubungkan merek dengan jaringan influ…
Dunia pemasaran yang dinamis menuntut tim dengan pengetahuan pemasaran digital yang kuat. Laporan magang ini mengkaji penggunaan kerangka AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) dan AISAS (Action, Interest, Search, Action, Share) untuk mengevaluasi taktik media dalam kampanye pemasaran musiman. Penulis memperoleh pengalaman praktis dalam memberikan masukan pada taktik media untuk mempromosik…
Sektor fashion diakui sebagai salah satu industri yang paling merugikan secara ekologis karena praktiknya yang membutuhkan sumber daya tinggi dan dampak negatif yang signifikan pada lingkungan. Oleh karena itu, muncul solusi alternatif yang dikenal sebagai slow fashion. Seiring berjalannya waktu, masyarakat Indonesia mulai mengembangkan sikap positif terhadap gerakan slow fashion. Namun, tampak…
Perkembangan e-commerce dan PayLater telah digunakan secara luas untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari hari, yang dapat mengarah pada pembelian secara impulsif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara recommended product quality dan materialism terhadap e-impulse buying. Penelitian ini menggunakan 237 responden berusia 18-42 tahun yang pernah melakukan pembelian pakaian meng…
Tren belanja online memicu lonjakan penjualan ritel online (e-tailing) dan sampah kemasan pengiriman yang menyertainya. Belanja online menghasilkan sampah kemasan 4,8 kali lebih banyak dibandingkan toko fisik karena produk memerlukan proteksi dari resiko kerusakan selama pengiriman. Sampah kemasan pengiriman konvensional berbahaya bagi lingkungan karena umumnya berbahan dasar plastik yang berke…
Kebutuhan sarana transportasi umum merupakan kebutuhan masyarakat yang terus berkembang. Brand personality memainkan peran kunci dalam psikologi merek sehingga dapat membentuk identitas merek. Konsumen cendrung mengekspresikan citra diri mereka melalui kepribadian merek dalam mendorong keputusan pembelian. Berdasarkan teori kesesuaian dan analisis dari moda transportasi dibawah Jaklingko, penel…
Media sosial merupakan salah satu wadah besar dan potensial bagi pemasar untuk memasarkan sebuah produk atau layanan kepada khalayak luas. Media sosial menawarkan begitu banyak cara bagi para pemasar untuk memasarkan produk atau brand mereka, salah satunya adalah dengan bekerja sama dengan para influencers. Perusahaan-perusahaan menyadari adanya kekuatan persuasif yang dimiliki oleh para influe…
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh homophily terhadap emotional attachment serta pengaruh homophily, expertise, dan emotional attachment terhadap vloggers’ popularity dan pada akhirnya meneliti pengaruh emotional attachment, vloggers’ popularity, dan expertise terhadap purchase intention pemirsa pada produk kecantikan yang ditampilkan dalam vlog; dengan berfokus pada beauty vl…