Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH HALAL-FRIENDLY
ATTRIBUTES DAN DESTINATION
IMAGE TERHADAP VISITING
INTENTION WISATAWAN MUSLIM
GENERASI MILENIAL ...
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Skripsi

Pengaruh Halal-Friendly Attributes dan Destination Image Terhadap Visiting Intention Wisatawan Muslim Generasi Milenial dan Generasi Z pada Wisata Di Yogyakarta

The Influence of Halal-Friendly Attributes and Destination Image on the Visiting Intention of Millennial and Generation Z Muslim Tourists on Tourism in Yogyakarta

Sausan Khalifani - ; Arga Hananto (Pembimbing/Promotor) - ; Karto Adiwijaya (Penguji) - ; Nissa Ghulma Ratnasari (Penguji) - ;

Industri pariwisata menjadi sektor penyumbang terbesar keempat terhadap produk domestik bruto Indonesia, sebagaimana dilaporkan oleh Kemenparekraf pada tahun 2024. Di tahun yang sama, pariwisata nasional mencatat prestasi membanggakan dengan meraih 67 penghargaan dari 32 lembaga pariwisata internasional. Capaian ini mencerminkan besarnya potensi sektor pariwisata, khususnya dalam pengembangan wisata Islam, mengingat Indonesia merupakan negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia. Yogyakarta, sebagai daerah istimewa yang kental dengan nilai-nilai Islam, memiliki peluang besar untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata ramah Muslim. Terlebih, menurut survei Goodstat tahun 2023, Yogyakarta dinobatkan sebagai kota wisata terbaik di Indonesia. Berdasarkan kondisi tersebut, penelitian ini bertujuan untuk melihat faktor-faktor yang dapat memengaruhi muslim di Indonesia dalam niat mengunjungi wisata Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode PLS-SEM dan diolah dengan software SmartPLS 4.0. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner melalui Google Form. Kriteria responden meliputi Warga Negara Indonesia (WNI), beragama Islam, berusia 18 - 44 tahun, dan mengetahui bahwa Yogyakarta merupakan kota wisata. Dari 276 responden yang berhasil dikumpulkan, ditemukan bahwa halal-friendly attributes dan destination image memberikan pengaruh pada attitude toward visiting. Attitude toward visiting, subjective norm, dan perceived behavioral control memberikan pengaruh pada visiting intention. Akan tetapi, religiosity tidak memberikan pengaruh yang signifikan dalam memperkuat atau memperlemah hubungan antara seluruh variabel TPB dengan visiting intention. Untuk mendorong niat berkunjung ke Yogyakarta, pelaku industri pariwisata dapat menyediakan fasilitas yang mendukung kebutuhan halal serta mempertahankan citra positif destinasi guna menjaga kepercayaan dan sikap positif wisatawan terhadap kota ini. Dengan demikian, hasil penelitian ini dapat menjadi kontribusi dalam pengembangan teori pemasaran mengenai perilaku wisatawan dan perilaku konsumen berdasarkan demografi Muslim di Indonesia.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 15755PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Bisnis Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekTourism
Destination image
Subjective norm
Religiosity
Yogyakarta
Visiting Intention
Halal-friendly Attributes
Attitude toward Visiting
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxvi, 161 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?