Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
SUPERSTITION ANGKA DALAM
PEMASARAN
DISERTASI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2015
Request Access

Disertasi

Superstition angka dalam pemasaran

Superstition about Numbers in Marketing

Prof. Dr. Sofjan Assauri (Penguji) - ; Dr. Rizal Edy halim (Penguji) - ; Dr. T. Ezni Balqiah (Penguji) - ; Dr. M. Gunawan Alif (Penguji) - ; Harryadin Mahardika, Ph.D. (Penguji) - ; Prof. Dr. Adi Zakaria Afiff (Pembimbing/Promotor) - ; Harry Susianto, Ph.D (CoPromotor) - ; Tunjungsari, Hetty Karunia - ;

Disertasi ini membahas unsur superstition dalam pemasaran, khususnya superstition angka yang dipercaya oleh etnis Tionghoa di Indonesia. Penelitian dalam disertasi ini dilakukan untuk membuktikan pengaruh penggunaan atribut superstition terhadap perilaku pascapembelian, dilihat dari sisi pembeli dan penjual, dalam konteks kegagalan produk. Terdapat 3 studi dalam disertasi ini. Studi 1 merupakan survey yang dilakukan untuk mengkonfirmasi bentuk-bentuk superstition khas etnis Tionghoa Indonesia yang relevan dengan konteks pemasaran. Studi 2 dan 3 merupakan eksperimen 2x3 between participant yang dilakukan untuk membuktikan adanya moderasi peran sebagai pembeli maupun penjual dalam membentuk kepuasan atas produk.

Studi 2 dan 3 juga dilakukan untuk membuktikan adanya mediasi kepuasan dalam pengaruh kegagalan produk beratribut superstition terhadap kesediaan membeli/menawarkan kembali produk di masa mendatang. Studi 1 dan 2 dilakukan di Jakarta, sementara Studi 3 dilakukan di Medan. Temuan dari penelitian ini membuktikan bahwa etnis Tionghoa di Indonesia memiliki superstition angka yang mempengaruhi perilaku pengambilan keputusan pembelian mereka. Penelitian dalam disertasi ini juga membuktikan bahwa perbedaan daerah dapat mengakibatkan perbedaan karakteristik budaya etnis Tionghoa, yang pada akhirnya dapat membentuk respon yang berbeda dalam menyikapi situasi kegagalan produk


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
DMA 0165PSB lt.dasar - Pascasarjana1
PenerbitDepok: Program Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Indonesia 2015
Edisi-
SubjekKepuasan
Superstition
etnis tiongha
kegagalan produk
penjual
pembeli
kesediaan membeli/ menawarkan kembali
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiii, 181 p.; 29,5 cm.
Info Detail SpesifikDisertasi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?