Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
No image available for this title

Text

How Perceived Value, Social Influence, and Ethical SelfEfficacy for Online Piracy Affect Purchase Intention of Digital Music: A Study on Ownership-based Digital Music Platforms

Mohamad Raffi Desrino - ; Ira Iriyanty (Pembimbing/Promotor) - ; Elevita Yuliati (Penguji) - ; Triana Rahajeng Hadiprawoto (Penguji) - ;

Salah satu perkembangan teknologi yang paling berpengaruh pada industri musik adalah pengenalan file musik dalam format digital, disertai dengan penyebarannya melalui penggunaan Internet. Seiring berjalannya waktu, konsumen musik telah menunjukkan berbagai aspek perilaku konsumen, termasuk etika pembajakan digital. Masalah etika juga muncul dalam aspek produksi musik digital, dengan adanya penelitian menemukan bahwa artis musik memperoleh bagian pendapatan yang sangat rendah karena banyaknya biaya operasional yang harus dikeluarkan oleh label besar setiap tahun. Masalah ini menjadi jendela peluang bagi artis dan penggemar musik yang saling peduli, dan penerbitan musik independen menjadi semakin populer - memungkinkan artis musik untuk meningkatkan pendapatan mereka ke jumlah yang semaksimal mungkin. Dengan demikian, ada dua jenis utama musik digital: musik digital access-based (streaming digital online) dan musik digital ownership-based (unduhan digital). Penelitian ini berfokus pada perceived value, pengaruh sosial, dan ethical self-efficacy pembajakan online terhadap niat beli pelanggan dalam konteks layanan konten online. Khususnya, penelitian ini melakukan studi kasus tentang platform musik digital online ownership-based pertama yang berbasis di Indonesia. Sebuah kuesioner yang dipublikasikan melalui Google Forms mengumpulkan sebanyak 80 responden pengguna platform tersebut dipilih menggunakan metode purposive sampling. Data kemudian dianalisis lebih lanjut menggunakan Partial Least Squares – Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian mengungkapkan bahwa walaupun perceived value dan pengaruh sosial sebagian besar memengaruhi niat pembelian pelanggan dengan secara positif, ethical self-efficay terhadap pembajakan online tidak membuahkan hasil yang sama. Namun, alasan mengapa ethical self-efficacy untuk pembajakan online dari rata-rata konsumen musik Indonesia ditemukan sebagai acuh tak acuh mungkin layak diteliti lebih lanjut.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
13908PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Kelas Khusus International Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2022
Edisi-
SubjekPerceived value
Purchase intention
Social influence
Digital music
Online piracy
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxi, 161 p. ; diagr. ; 30 cm
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?