Text
Pengaruh intensi adopsi gamification pada brand awareness dan brand loyalty industri pariwisata Indonesia
Transformasi Digital telah mewarnai competitive landscape di dunia global ini. Tidak sedikit perusahaan yang menggunakan teknologi untuk memperoleh competitive advantage di dalam pasar. Salah satu teknologi yang digunakan adalah menggunakan gamification, yakni menggunakan game untuk meningkatkan intensi ataupun engagement dari konsumen dalam kegiatan pemasaran. Di Indonesia sendiri sudah banyak perusahaan dan e-commerce yang telah menggunakan gamification, seperti Shopee dengan ShopeeTanam ataupun Gojek dengan Go-Mission dan Go-Club nya. Di dunia Pariwisata, sudah ada, walaupun belum banyak, penyedia jasa yang juga menggunakan gamification. Abou Shouk dan Soliman (2021) telah menyelidiki bahwa dari kacamata agensi Pariwisata, intensi adopsi Gamification memiliki pengaruh positif pada Brand Awareness dan Brand Loyalty menggunakan Teori UTAUT 1. Penelitian ini dimaksudkan untuk melanjutkan penelitian oleh Abou Shouk dan Soliman dengan mengambil kacamata berbeda, yakni kacamata customer/turis, dengan target penelitian berupa calon pengguna dari jasa yang menyediakan gamification serta teori UTAUT perkembangan terbaru, yakni UTAUT 3. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sampling non-probabilitas menggunakan survei terhadap 204 konsumen yang berumur 17 tahun keatas serta bersedia memainkan satu buah prototype game yang akan menjadi media simulasi gamification. Setelah dianalisis dengan alat analisis Partial Least Square-Structural Equation Modelling, penelitian ini menunjukkan bahwa ternyata tidak seluruh konstruk teori UTAUT 3 memiliki pengaruh yang signifikan terhadap intensi adopsi gamification dari customer, namun gamification tersebut tetap mampu mempengaruhi Brand Awareness dan Brand Loyalty perusahaan yang bersangkutan.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
MA 1513 | PSB lt.dasar - Pascasarjana | 1 |
Penerbit | Depok Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia., 2022 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Tourism awareness Loyalty Gamification Destination |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | xii, 104p; chart, tables, graphics, appendix, 30cm |
Info Detail Spesifik | TESIS PPIM |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |