Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PEMAHAMAN GERAKAN BOIKOT
TERHADAP PRODUK YANG
MENDUKUNG ISRAEL DI
INDONESIA DALAM KONTEKS
KONFLIK
ISRAEL-PALESTINA: EK...
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2024
Request Access

Skripsi

Pemahaman Gerakan Boikot Terhadap Produk Yang Mendukung Israel Di Indonesia Dalam Konteks Konflik Israel-Palestina: Eksplorasi Peran Penilaian Merek Dan Kontraargumen

M. Daffa Azriel Syuja Herman - ; Imam Salehudin (Pembimbing/Promotor) - ; Elevita Yuliati (Penguji) - ; Nissa Ghulma Ratnasari (Penguji) - ;

Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi faktor-faktor yang mempengaruhi niat konsumen Indonesia untuk berpartisipasi dalam gerakan boikot terhadap produk yang mendukung Israel dalam konteks konflik Israel-Palestina. Secara khusus, penelitian ini menyelidiki peran motivasi religius intrinsik, norma subjektif, animositas konsumen, persepsi efikasi, penilaian merek, kontraargumen, Self-enhancement, Make a Difference, dan sikap terhadap boikot dalam mempengaruhi niat boikot konsumen. Mengadopsi dan menggabungkan model penelitian dari Salma & Aji (2023) dan Muhamad et al. (2019) dengan mempertimbangkan keberagaman agama di Indonesia, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei untuk mengumpulkan data dari 634 responden Indonesia (319 Muslim dan 315 non-Muslim) melalui kuesioner online. Analisis data dilakukan menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi religius intrinsik tidak secara langsung mempengaruhi niat boikot, tetapi berpengaruh positif terhadap norma subjektif, Self-enhancement, Make a Difference, dan sikap terhadap boikot. Norma subjektif berpengaruh positif terhadap niat boikot, animositas konsumen, dan persepsi efikasi. Animositas konsumen tidak secara langsung mempengaruhi niat boikot, tetapi efeknya dimoderasi oleh penilaian merek dan kontraargumen. Persepsi efikasi, Self-enhancement, dan sikap terhadap boikot berpengaruh positif terhadap niat boikot, sedangkan Make a Difference tidak berpengaruh signifikan. Temuan ini memberikan wawasan penting tentang dinamika gerakan boikot konsumen di Indonesia yang beragam secara agama, berkontribusi pada literatur dengan mengadopsi perspektif yang lebih inklusif dan mengeksplorasi peran faktor religius dan non-religius dalam niat boikot. Implikasi manajerial dan etis dari temuan penelitian juga dibahas, memberikan panduan bagi pemasar dan pembuat kebijakan dalam mengelola dan merespons gerakan boikot konsumen.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 15013PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Bisnis Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2024
Edisi-
SubjekIndonesia
Subjective norms
Consumer Boycott
Israel-Palestine Conflict
Intrinsic Religious Motivation
Consumer Animosity
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxvii, 250 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?