Skripsi
Pemahaman Gerakan Boikot Terhadap Produk Yang Mendukung Israel Di Indonesia Dalam Konteks Konflik Israel-Palestina: Eksplorasi Peran Penilaian Merek Dan Kontraargumen
Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi faktor-faktor yang mempengaruhi niat konsumen Indonesia untuk berpartisipasi dalam gerakan boikot terhadap produk yang mendukung Israel dalam konteks konflik Israel-Palestina. Secara khusus, penelitian ini menyelidiki peran motivasi religius intrinsik, norma subjektif, animositas konsumen, persepsi efikasi, penilaian merek, kontraargumen, Self-enhancement, Make a Difference, dan sikap terhadap boikot dalam mempengaruhi niat boikot konsumen. Mengadopsi dan menggabungkan model penelitian dari Salma & Aji (2023) dan Muhamad et al. (2019) dengan mempertimbangkan keberagaman agama di Indonesia, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei untuk mengumpulkan data dari 634 responden Indonesia (319 Muslim dan 315 non-Muslim) melalui kuesioner online. Analisis data dilakukan menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi religius intrinsik tidak secara langsung mempengaruhi niat boikot, tetapi berpengaruh positif terhadap norma subjektif, Self-enhancement, Make a Difference, dan sikap terhadap boikot. Norma subjektif berpengaruh positif terhadap niat boikot, animositas konsumen, dan persepsi efikasi. Animositas konsumen tidak secara langsung mempengaruhi niat boikot, tetapi efeknya dimoderasi oleh penilaian merek dan kontraargumen. Persepsi efikasi, Self-enhancement, dan sikap terhadap boikot berpengaruh positif terhadap niat boikot, sedangkan Make a Difference tidak berpengaruh signifikan. Temuan ini memberikan wawasan penting tentang dinamika gerakan boikot konsumen di Indonesia yang beragam secara agama, berkontribusi pada literatur dengan mengadopsi perspektif yang lebih inklusif dan mengeksplorasi peran faktor religius dan non-religius dalam niat boikot. Implikasi manajerial dan etis dari temuan penelitian juga dibahas, memberikan panduan bagi pemasar dan pembuat kebijakan dalam mengelola dan merespons gerakan boikot konsumen.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
S 15013 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Program Studi Bisnis Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia., 2024 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Indonesia Subjective norms Consumer Boycott Israel-Palestine Conflict Intrinsic Religious Motivation Consumer Animosity |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | xvii, 250 p. : il. ; 30 cm. |
Info Detail Spesifik | Skripsi |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |