Skripsi
The Implication of Temporary “Pop-up” Retail on Consumer Reaction through the Mediating Roles of Scarcity, Hedonic Shopping Value, and Perceived Uniqueness
Adanya kompetisi yang tinggi dalam dunia bisnis telah mengubah lanskap pasar secara mendasar bagi para retailer. Konsumen memutuhkan merk yang tidak hanya memenuhi kebutuhan fungsionalnya, namun juga yagn dapat memberikan nilai tambah. Oleh karena itu, penggunaan toko pop-up store dikembangkan sebagai jembatan konseptual antara toko utama dan presentasi sementara di tempat penjualan. Penelitian ini menyeldiki signifikansi pop-up stores dibandingkan dengan toko ritel konvensional terhadap perilaku konsumen jangka pendek dan jangka panjang, dengan tiga variabel mediasi. Data dikumpulkan melalui eksperimen dengan 203 partisipan dan dianalisis menggunakan PLS-SEM. Dengan membandingkan kedua format toko tersebut, studi ini menemukan bahwa pop-up stores dianggap lebih unik dibandingkan dengan ritel tradisional, karena persepsi terhadap scarcity dan hedonic shopping value yang lebih besar. Oleh karena itu, pengaruh pop-up terhadap perilaku konsumen dimediasi oleh scarcity dan hedonic shopping value (mediator tahap pertama) serta perceived uniqueness (mediator tahap kedua), maka dapat dianggap sebagai karakteristik dari toko tersebut. Selain itu, pengaruh terhadap reaksi konsumen jangka pendek yang diukur dengan willingness to pay dalam penelitian ini lebih besar dibandingkan dengan pengaruh terhadap reaksi konsumen jangka panjang yang diukur dengan brand loyalty.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
S 15243 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Program Studi Kelas Khusus Internasional Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia., 2024 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Consumer behavior Brand loyalty Purchase intention Scarcity Hedonic Shopping Value Experiential marketing Perceived Uniqueness Pop-up Stores Temporary Retail |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | xv, 165 p. : il. ; 30 cm. |
Info Detail Spesifik | Skripsi |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |