Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PERAN TRUST, SATISFACTION,
DAN KUALITAS LAYANAN
TERHADAP REKOMENDASI
PELANGGAN PADA MODEL
PRODUCT-SERVICE
SYSTEM INDUS...
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Tesis

Peran Trust, Satisfaction, dan Kualitas Layanan Terhadap Rekomendasi Pelanggan pada Model Product-Service System Industri Keuangan Non-Bank

Gayoh Fajri Kuswara - ; Rizal Edy Halim (Pembimbing/Promotor) - ; Karto Adiwijaya (Penguji) - ; Rifelly Dewi Astuti (Penguji) - ;

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh berbagai faktor pada Fintech Product-Service System (FPSS) terhadap intensi rekomendasi pelanggan (recommendation intention) dalam industri keuangan non-bank di Indonesia, dengan fokus pada pengguna generasi milenial dan Z yang memiliki tingkat adopsi fintech tinggi. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan analisis SEM-PLS, penelitian ini melibatkan 220 responden untuk menguji hubungan antara variabel FPSS quality, FPSS assessment, trust, satisfaction, social value, conditional value, utilitarian value, dan recommendation intention. Hasil penelitian menunjukkan bahwa FPSS quality secara signifikan memengaruhi FPSS assessment, satisfaction, dan trust, sementara trust memiliki pengaruh positif langsung terhadap intensi rekomendasi pelanggan. Satisfaction tidak menunjukkan pengaruh langsung terhadap intensi rekomendasi, tetapi utilitarian value dan conditional value memberikan pengaruh signifikan pada elemen-elemen FPSS tertentu, sementara social value tidak menunjukkan pengaruh berarti. Temuan ini memberikan panduan strategis bagi penyedia layanan keuangan non-bank untuk meningkatkan kualitas layanan, kepercayaan, dan kepuasan pelanggan guna mendorong intensi rekomendasi secara efektif.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 020/25PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekService quality
Trust
Satisfaction
FPSS
Recommendation Intention
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxi, 174 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?