Disertasi dalam format studi kasus tunggal dan kualitatif ini menyelidiki bagaimana perusahaan-perusahaan terdaftar dari salah satu Konglomerat terkemuka di Indonesia, bertahan melalui dua guncangan lingkungan ekonomi dan politik yang bergejolak, selama Krisis Keuangan Asia (Asian Financial Crisis - AFC) 1997 hingga 1999 dan Krisis Keuangan Global (Global Financial Crisis – GFC) 2007 hingga 2…
Penelitian ini menginvestigasi faktor pendorong perusahaan untuk mencapai kinerja diatas rata rata industri pada industri reksadana di Indonesia yang mengalami pengaruh dari ketidak pastian pasar dunia. Untuk tujuan ini, pandangan berbasis sumber daya dikombinasikan dengan wawasan institusionalisme baru, dalam kondisi pasar yang tidak sempurna, akan mengkaji peran pengaruh tekanan atas kesesua…
Penelitian ini menguji dampak kecerdasan emosi (EI ? Emotional Intelligence) terhadap eskalasi komitmen (EC ? Escalation of Commitment) dan kinerja organisasi. Secara khusus, dampak langsung dan tidak langsung dari kecerdasan emosi diselidiki untuk mengevaluasi apakah EC harus dihambat atau dilanjutkan. Dengan menggunakan praktik perusahaan listrik di negara berkembang, kajian ini melibatkan 10…
Restrukturisasi korporasi dalam penggabungan (merger/akuisisi) berbagai perusahaan menjadi fenomena umum dalam menghadapi dinamika persaingan era globalisasi, dengan sasaran menciptakan skala ekonomi berbasis sinergi. Penggabungan ini berimplikasi pada perubahan strategi korporasi, serta tuntutan adaptasi sumber daya dan kapabilitas internal perusahaan. Proses penggabungan juga menciptakan peru…
10 Maret 2006
Peran sentral pengetahuan sebagai sumber keunggulan kompetitif terhadap perekonomian saat ini baik dalam penciptaan nilai, kelangsungan hidup atau perolehan economic rent telah mendorong perusahaan untuk meningkatkan pengetahuannya. Namun perusahaan tidak bisa memenuhi seluruh kebutuhan akan pengetahuan secara mandiri, sehingga harus berkolaborasi dengan perusahaan lain untuk melakukan alih pen…
Inovasi merupakan keniscayaan yang harus dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan eksistensinya dalam lingkungan persaingan global, yang diwarnai oleh dinamika persaingan berbasis knowledge-networked innovation (Davenport et al., 2006). Dalam konteks tersebut, perusahaan otomotif makin mengandalkan strategi inovasi untuk mencapai keunggulan daya saing berkelanjutan. Namun demikian, keterb…
In today's challenging and Turbulent world, strategic management prescribes organizations to develop resources and Capabilities in Order to Gain competitive advantage..25 September 2006
Belakangan ini, perusahaan-perusahaan di Dunia mengalami berbagai masalah ekonomi yang makin kompleks karena makin langkanya sumber daya yang tersedia. Masalah ini memaksa setiap perusahaan mengoptimalkan alokasi sumber-sumber daya agar tetap memiliki keunggulan daya saing yang berkelanjutan ( sustainable competitive advantage) ( Douma & Screuder, 1998 )..11 Oktober 2005
Privatisasi BUMN merupakan isu hangat yang selalu muncul di tengah masyarakat. Isu terakhir adalah perbedaan pendapat antara Wakil presiden dan Menteri BUMN yang kurang setuju dengan pendapat Menteri Keuangan. Jika tujuan privatisasi hanya untuk mempercepat pencairan dana pinjaman dari ADB sebesar US $ 250 Juta ( Basri, 2005).Dibandingkan dengan tingkat bunga bebas resiko (deposito), kinerja se…
Agar dapat tumbuh dan berkembang dalam lingkungan persaingan bisnis yang ketat, pemasar harus memahami bagaimana konsumen mengambil keputusan konsumsinya..05 Maret 2004
Pembajakan produk-produk industri dan Produk-produk kebutuhan rumah tangga saat ini seolah-olah telah menjadi "mode-baru" untuk mencari keuntungan yang cepat. Jumlah produk bajakan setiap tahun makin meningkat baik dalam jenis produk, mutu produk bajakan, maupun jumlah kerugian finansial baik bagi para produsen asli maupun konsumen..09 Agustus 2004
The aim of this research is to provide a theoretical framework for strategic alliance behavior by firms that seek to sustain a competitive advantage. The objective is to integrate the resource-based perspective with transaction cost economic explanations, strategic behavior of the firm, and organizational knowledge and learning in investigating strategic alliance phenomena in relation to compet…
Brand extension merupakan salah satu strategi pemasaran produk baru dengan menngunakan merek yang telah dikenal dan laku di pasaran. Essensi dari strategi ini, adalah meningkatkan kemungkinan sukses bagi produsen dalam meluncurkan produk baru ke pasar..02 Desember 2002
Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang demikian pesat pada periode 1990-1996, mempengaruhi permintaan hasil-hasil industri manufaktur yang jauh lebih cepat pertumbuhan dari penawaran, sehingga menimbulkan peluang pasar yang mendorong dinamika industri..22 Agustus 2002
Disertasi ini bertujuan untuk melihat konsistensi pemilihan saham dalam pembentukan portfolio di BEJ oleh Manajer Investasi dikaitkan dengan variabel rasio empirik kinerja perusahaan..Oktober 2002
Building brand equity is A marketing activity fundamental to Modern business practice. By Partnering with established host brands, an Ingredient product can leverage brand equity..20 Mei 2002
Rencana pembangunan PLTN di Indonesia merupakan isu publik yang menarik untuk diperdebatkan, terutama setelah bencana tsunami yang melanda Jepang yang memicu terjadinya kecelakaan reaktor nuklir di Fukushima. Di satu sisi, PLTN merupakan solusi untuk mengatasi krisis energi listrik di Indonesia, tetapi di sisi lain faktor keselamatan dan kesiapan sumberdaya manusia pengelola PLTN menyebabkan ti…
Juli 2012