Adopsi mobil listrik di Indonesia masih lambat dan jumlah penjualnnya saat ini masih sangat jauh dari target yang ditetapkan pemerintah, khususnya untuk mobil listrik yang murni berbasis baterai (BEV). Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap difusi mobil listrik, khususnya jenis BEV, dengan melakukan analisis faktor yang memengaruhi penerimaan mobil listrik menggunakan model Unified Theory of…
Smart home merupakan salah satu Internet of Thing (IoT) yang sedang berkembang di Indonesia. Pengguna Smart home di Indonesia berjumlah 1,1 juta pengguna pada Januari 2023. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk melihat faktor-faktor yang menentukan kesediaan adopsi (Willingness to Adopt) dan menggeluarkan uang (Willingness to Pay) untuk menggunakan Smart home. Penelitian ini menggunakan Unif…
Masalah lingkungan menjadi tantangan besar dalam industri fesyen, terutama terkait limbah tekstil. Peningkatan kesadaran konsumen terhadap fesyen berkelanjutan menciptakan peluang bagi produk pakaian berbahan daur ulang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perceived customer value, environmental concern, dan e-social interaction terhadap sikap dan niat pembelian pakaian berbaha…
Banyaknya merek produk perawatan diri di Indonesia mengakibatkan persaingan antar merek pun meningkat tidak hanya persaingan dengan antar merek lokal di Indonesia namun juga merek yang berasal dari luar Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dimensi kredibilitas influencer (yaitu expertise, trustworthiness, attractiveness dan similarity) pada niat pembelian melalui peran mediasi …
Tren penggunaan produk kecantikan di Indonesia semakin meningkat, di mana ritel kecantikan memiliki peran penting dalam memenuhi kebutuhan konsumen akan produk kecantikan yang lengkap dan berkualitas. Dengan menggunakan teori Stimulus-Organism-Response, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi perilaku pembelian impulsif pada Sociolla, sebuah ritel omnichannel …
Adanya kemajuan teknologi dan pergeseran aktivitas masyarakat dari luring ke daring menyebabkan kebutuhan akan smartphone meningkat. Pasar smartphone yang besar menarik banyak pelaku bisnis untuk bersaing melalui inovasi teknologi. Brand atau merek memainkan peran penting dalam persaingan di pasar smartphone. Untuk memenangkan persaingan, strategi merek yang efektif digunakan untuk menjangkau t…
Perkembangan pesat online brand community secara global, didukung oleh kemajuan teknologi, telah mendorong banyak perusahaan untuk mengadopsi strategi serupa guna mempertahankan basis konsumen mereka. Salah satu keuntungan dari mengadopsi strategi ini adalah menumbuhkan loyalitas pelanggan dalam jangka panjang. Penelitian ini mengidentifikasi dua jenis produk yang berbeda dimana terdapat online…
Pesatnya perkembangan komunikasi online di media sosial telah memperkuat pengaruh Electronic word-of-mouth (eWOM). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh informasi eWOM pada TikTok, yang terdiri dari information quantity, information quality dan information credibility terhadap purchase intention konsumen. Penelitian ini didasarkan pada Information Adoption Model (IAM). Penelitian…
Studi ini menyelidiki dampak citra destinasi, persepsi risiko, dan kendala yang dirasakan terhadap niat perilaku wisatawan domestik untuk mengunjungi kembali Bali, dengan fokus pada gentrifikasi pariwisata di wilayah tersebut. Menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini menggunakan Pemodelan Persamaan Struktural Partial Least Squares (PLS-SEM) untuk menguji hipotesis yang diajukan. Data …
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengkaji pengaruh motif konsumen, yang mencakup motif tempat spesifik dan tanpa tempat spesifik, terhadap sikap konsumen dalam menggunakan online food delivery berbasis platform-to-consumer delivery serta bagaimana kelompok generasi usia dan gender memoderasi sikap konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menganalis data yang …
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi intensi penggunaan mobile payment pada kalangan wisatawan Gen-Z di Indonesia melalui variabel perceived benefits, performance expectancy, effort expectancy, social influence, perceived cost, self-efficacy, perceived security dengan mediasi trust yang merupakan turunan dari kerangka teori Unified Theory of Acceptance and U…
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor influencer credibility terhadap loyalty to influencer to influencer, Intention to buy the product the product, dan intention to recommend the product the product dengan mediasi trust pada produk makanan tradisional dalam kemasan. Untuk menguji 11 hipotesis, penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain single cross sectio…
Pengalaman belanja online telah diubah oleh augmented reality (AR), yang menawarkan konsumen metode yang imersif dan interaktif untuk berinteraksi dengan produk. Penelitian ini menyelidiki dampak AR terhadap keputusan pembelian konsumen sebagai bagian dari strategi pemasaran L'Oréal di Shopee Indonesia. Seiring dengan pesatnya perkembangan industri kecantikan di Indonesia yang didorong oleh ke…
Penelitian ini meneliti bagaimana aspek fungsional dan psikologis Online Customer Service Experience (OCSE) mempengaruhi pembelian impulsif online pada platform e-commerce. Penelitian ini menguji peran mediasi loyalitas sikap (Attitudinal loyalty) pelanggan terhadap OCSE dan pembelian impulsif online, dan peran moderasi pengendalian diri (self-control) konsumen terhadap loyalitas sikap (Attitud…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa social media marketing activities pada merek coffee shop di Indonesia memiliki pengaruh terhadap brand trust dan purchase decision. Selain itu, penelitian dilakukan untuk mengetahui apakah brand trust memiliki peran mediasi antara masing-masing elemen SMMA dan purchase decision. Sampel yang digunakan pada penelitian ini merupakan pengguna media so…
Kinerja strategis destinasi hanya dapat dicapai melalui keberhasilan Organisasi Pengelola Destinasi (OPD) dalam mengelola sumber daya dan kemampuan destinasi. Pada saat yang sama, destinasi pariwisata menghadapi berbagai tekanan kekuatan lingkungan yang mendorong terjadinya berbagai perubahan. OPD merupakan elemen utama pembentuk daya saing destinasi. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari …
Disrupsi digital meningkatkan risiko manajemen inovasi pada perusahaan-perusahaan mapan. Studi ini mengkaji variabel-variabel utama untuk meningkatkan kinerja inovasi di lungkungan yang terdisrupsi dengan menerapkan strategic entrepreneurship process, yang menggabungkan kegiatan opportunity-seeking activities (OSA) dan advantage-seeking activities (ASA). Model penelitian mengadopsi kerangka inp…
Sebagai salah satu titik utama dalam proses customer journey, interaksi antar konsumen dalam komunitas berbasis sosial media berperan krusial sebagai sistem penciptaan brand meaning, dan juga berpotensi mengarahkan perilaku konsumen. Dikarenakan perannya yang esensial, maka mengevaluasi dinamika interaksi antar konsumen adalah dasar dari desain penelitian ini. Sebagai salah satu teori yang sesu…
Tujuan studi ini adalah untuk meneliti pengaruh dimensi kualitas layanan, persepsi nilai dan kepercayaan pelanggan terhadap kepuasan dalam menggunakan jasa layanan pengiriman. Penelitian ini dilakukan pada jasa pengiriman yang dipilih melalui e-commerce di Indonesia dengan jumlah 389 responden. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah Expectancy Disconfirmation Theory (EDT). Studi ini …
Penelitian ini diadakan untuk mengetahui apakah fitur live streaming di e-commerce dengan live streaming perceived value (utilitarian, hedonic, symbolic) memiliki pengaruh terhadap purchase intention. 223 data responden berhasil dikumpulkan selama tiga bulan terakhir dengan persyaratan responden pernah menonton siaran live streaming di website atau aplikasi mobile e-commerce Shopee. Model penel…